Langkah Optimalkan Potensi Desa

F Keterangan

FENDI/RADARMANDALIKA.ID KETERANGAN: Pihak dinas saat memberikan keterangan.

LOTIM-Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa melalui Bidang Pengembangan Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna melaksanakan Rapat Koordinasi Singkronisasi Kegiatan tahun 2021 bersama Tim Komite Investasi dan kalangan akademisi, Selasa kemarin.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna Asairul Kabir menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan untuk menyelaraskan program dari Desa, OPD, dan dinas DPM sendiri.

“Kita ingin program- program baik itu yang ada di PMD dengan OPD- OPD lain, bahkan program yang dibuat oleh desa itu menjadi singkron, sehingga satu dengan lainnya tidak saing tumpang tindih dan saling mendukung kegiatan itu,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan program peningkatan kawasan pedesaan masih belum optimal disebabkan berbagai faktor seperti, kurangnya kesiapan sumber daya yang dimiliki dan juga suport program dari OPD maupun suport pusat yang masih kurang.

Ditambahkannya program tersebut masih memiliki peluang untuk disuport pemerintah pusat dengan berbagai kriteria yang harus di penuhi yaitu, setiap program harus memiliki perencanaan yang matang juga harus ada indeks penempatan program sehingga program tersebut layak dilaksanaka di tempat tersebut.

“insyaallah minggu depan kita akan kerucutkan dalam bentuk diskusi lebih fokus lagi,” jelasnya.

Ketua Komite Investasi Kabupaten Lombok Timur, Basuki menjelaskan, kegiatan tersebut sangat baik dalam memberikan peluang kepada masing- masing Desa untuk bisa berkembang lebih baik lagi. Karakter masing- masing desa perlu dikaji sehingga potensi yang menonjol tersebut dapat dikembangkan sesuai dengan karakter Desa tersebut.

“kita harus memotret potensi yang dimiliki, kemudian melihat kekuatan sumber daya manusia yang tersedia disana,” jelasnya.

Dari hal tersebut nantinya akan dapat memudahkan dalam merumuskan kebutuhan pelatihan yang dibutuhkan Desa. Pelatihan tersebut diakuinya akan dilakukan sampai pada msayarakat Desa dapat memiliki produk dan kemudian produk tersebut bisa dipasarkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat.(cr-ndi)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Dua Tahun Petani Tembakau Merugi

Read Next

Pasar ACC Ampenan Jadi Atensi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *