Kurang Tegas! Ditegur, Pabrik Material Illegal “Kebal”

F pabrik 1

DIKI WAHYUDI/RADAR MANDALIKA DIPERTANYAKAN: Terlihat satu alat berat tengah beroperasi di pabrik material proyek di Lingkungan Bagek Rende, Kelurahan Jontlak, kemarin.

PRAYA – Sorotan terhadap keberadaan pabrik material proyek diduga illegal milik PT. ML (inisial, red) di Bagek Rende, Kelurahan Jontlak, Kecamatan Praya Tengah masih dipersoalkan.
Terbaru, pemerintah kecamatan mengaku tidak pernah mengeluarkan rekomendasi untuk keberadaan pabrik material tersebut. “Kecamatan tidak ada wewenang mengeluarkan rekomendasi dik. Karena bukan kewenangan kecamatan,” ungkap Camat Praya Tengah, H Ahmad Samsuriadivia wa kepada Radar Mandalika, Rabu kemarin.
Dia menjelaskan, terkait izin operasional perusahaan skala besar seperti aktivitas perusahaan di Bagek Rende ini menjadi wewenanga Dinas Perizinan dan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DP2MPTSP) Loteng. “Kalau izin. Karena tiang (saya) pernah diperizinan. Maka perusahaan sekapasitas ini langsung wewenangnya dinas perizinan. Kecamatan hanya ijin sekala mikro. Usaha kecil dan usaha usaha dengan luas area 100 meter persegi (1) satu are ke bawah,” terangnya.
Diketahui, lokasi pabrik hanya berjarak beberapa meter dari permukiman warga. Lokasinya tidak jauh dari gedung DPRD Lombok Tengah. Terkait keberadaan pabrik tersebut, informasi yang dia terima bahwa dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Loteng sudah turun ke lapangan. Bahkan DLH telah memberikan surat teguran tertulis ke pihak perusahaan.
Dikatakan, pihaknya dari pemerintah kelurahan setempat sudah berkoordinasi dengan DLH Loteng. DLH tetap meminta pihak perusahaan untuk mengurus ijinnya. “Nah sekarang tinggal pelanggaran Perda yang mana (Pol PP yang akan masuk),” tambahnya.
Sebelumnya, Satpol PP Loteng yang notabene sebagai penegak Perda belum bisa bertindak terlalu jauh. “Bagaimana bisa kita berbuat. OPD teknis belum pernah cerita,” kata Kasatpol PP Loteng, HL Aknal Afandi pada Radar Mandalika.(zak)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Irzani: Dalam Waktu Dekat Akan Selesai

Read Next

Sopir Tujuan Waingapu Protes Jadwal Keberangkatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *