HL Pathul Bahri (Ist)

PRAYA – Kontestasi pemilihan kepala daerah Provinsi NTB mulai memanas. Meski masih setahun lagi, namun aroma persaingan mulai tercium. Sejauh ini baru terdengar dua tokoh politik yang dikabarkan bakal bertarung di Pilkada Gubernur NTB tahun 2024 mendatang. Dia adalah pasangan petahana dan penantang baru yakni Bupati Lombok Tengah (Loteng), HL Pathul Bahri.

Dari analisa politik, sosok Pathul Bahri dinarasikan sebagai figur penantang kuat petahana di Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTB 2024. Pathul Bahri sendiri mengaku siap maju karena sudah memiliki kendaraan politik yakni Partai Gerindra. Di samping itu, desakan masyarakat Lombok Tengah khususnya, dukungan juga datang dari tokoh masyarakat, tokoh agama dan beberapa mantan bupati Loteng sebelumnya.

“InsyaAllah saya siap maju jika didukung penuh oleh kader partai dan masyarakat NTB umumnya,” kata Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi NTB itu.

Karier politik Pathul Bahri selalu moncer. Bisa dikatakan ia belum pernah gagal di setiap pertarungan, baik Pileg maupun Pilkada. Bahkan pemilihan pertama sebagai Ketua BPD kala itu menjadi bukti bahwa orang nomor satu di Kabupaten Lombok Tengah itu sudah memiliki aura kepemimpinan.

Menjadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lombok Tengah dari Fraksi PKNU menjadi bukti bahwa sosok Pathul Bahri layak menjadi pemimpin. Pasalnya, pendatang baru di parlemen Lombok Tengah langsung menjadi pimpinan DPRD. Satu periode di DPRD Kabupaten Lombok Tengah Pathul Bahri kembali maju menjadi wakil rakyat. Tetapi kali ini naik grade menjadi Caleg DPRD Provinsi NTB nomor urut 2 dari Partai Gerindra. Lagi-lagi, jalan Pathul mulus melenggang ke Parlemen Udayana menjadi pimpinan di komisi. Baru 7 bulan menjadi anggota DPRD Provinsi NTB, Pathul mencoba peruntungannya menjadi wakil bupati. Kebetulan Pathul Bahri ditawari Suhaili kala itu menjadi pasangannya. Lagi lagi jabatan orang kedua di Kabupaten Lombok Tengah itu direngkuhnya. Tidak berhenti sampai di situ, Pathul Bahri kembali maju menjadi orang nomor satu di Kabupaten Lombok Tengah berpasangan dengan HM Nursiah. Dengan modal gabungan partai besar seperti Gerindra, Golkar dan PDIP dan juga Ormas terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama, Pathul Bahri menang telak dengan selisih sangat telak.

Kini selain modal partai dan ormas NU, Pathul Bahri juga mendapatkan spirit luar biasa besarnya dengan bergabungnya Ormas terbesar di NTB yakni Nahdlatul Wathan (NW) di Partai Gerindra. Menurut Pathul Bahri selain dapat dukungan dari masyarakat NTB, ia juga mendapat dukungan dari pengurus DPC, DPP Partai Gerindra.

“Alhamdulillah DPP juga sudah mensupport kami, jadi bismillah saya maju” kata Ketua PCNU Kabupaten Lombok Tengah itu.

Lalu siapakah bakal pendamping Pathul Bahri di Pilkada Gubernur NTB nanti? Sejauh ini masih belum final namun sejumlah nama sudah disodorkan ke Pathul Bahri seperti halnya Bupati Bima Indah Damayanti. Nama Indah Damayanti santer disebut-sebut akan berpasangan dengan Pathul Bahri. Namun demikian tidak menutup kemungkinan juga ada nama lain.

“Kita masih lakukan penjajakan sekaligus melihat respons masyarakat terhadap para calon gubernur yang akan mendampingi pak Pathul, memang nama IDP paling tinggi minat dan respon masyarakat,” Wakil Sekretaris DPD Gerindra NTB, kata Lalu Amrillah.

Yang menarik, hampir seluruh mantan bupati khususnya di Lombok mendukung penuh Pathul maju sebagai calon gubernur NTB. Bahkan menurut mereka sudah saatnya Lombok Tengah diberikan giliran untuk memimpin NTB.

“Sudah saatnya Lombok Tengah sekarang jadi gubernur  kata salah satu mantan bupati malam itu saat dikunjungi kediamannya.

“Saya mendengarkan langsung dukungan tokoh masyarakat dan juga mantan bupati itu, saya tak perlu sebutkan namanya, tetapi pak Pathul didukung penuh,” jelas Amril.

Untuk diketahui selain para mantan bupati, sejumlah kepala daerah yang masih aktif dari partai pengusung dan pendukung Partai Gerindra juga akan mendukungnya.

“Beberapa kepala daerah yang diusung Partai Gerindra juga dipastikan akan mendukung pak Pathul Bahri,” jelasnya.

Dengan kekuatan mesin politik, ditambah lagi dukungan tokoh agama dan tokoh masyarakat, ormas Islam, para mantan kepala daerah dan kepala daerah yang masih aktif, maka Pathul Bahri akan melenggang menjadi NTB 1.

“InsyaAllah dengan izin Allah Tuhan yang Maha Esa, Pathul Bahri bakal menjadi Gubernur, kita lihat saja nanti,” tutupnya. (red)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 729

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *