Kapolda Tegaskan Tak Ada Pelanggaran HAM

F Kapolda

KHOTIM/RADARMANDALIKA.ID Irjen Pol Muhammad Iqbal

PRAYA – Kapolda NTB, Irjen Pol Muhammad Iqbal menegaskan tidak ada pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) selama proses awal tanah lokasi pembangunan proyek sirkuit MotoGP Mandalika.
Selama ini, pihaknya melibatkan peran serta masyarakat, pemerintah dan aparat penegakan hukum lain demi mensukseskan proyek nasional yang akan mengangkat perekonomian masyarakat. Adapun yang seringkali di gaung-gaungkan yakni, adanaya penggusuran paksa dan tidak adanya kejelasan pembayaran lahan warga oleh pemerintah. Ini ditepis semua.

Kapolda kepada awak media di Kuta Mandalika Senin kemarin mengatakan bahwa selama dalam melaksanakan pengamanan sampai dengan hari ini sejak 6 bulan yang lalu, melakukan pengamanan land clearing dan pra keamanan pihaknya sama sekali tidak ada indikasi atau melakukan aksi-aksi pelanggaran HAM.

“Semuanya warga bahkan kami melakukan upaya-upaya sangat humanis dan manusiawi,” klaimnya.

Adapuan sebelum melakukan upaya pengamanan, semua duduk bersama person to person tanpa melihat legal standing namun mengedepankan legitimasi publik.
“Jadi bukan kapasitas saya untuk mengklarifikasi tetapi menurut kami dari kepolisian jangankan pelanggaran HAM, kekerasan dan pertumpahan darah pun tidak ada,” klaimnya tegas.
Kapolda juga mendorong ITDC untuk memberikan hak dan kewajiban kepada masyarakat sekitar supaya tidak menjadi konflik dikemudian hari. “Sudah kita minta,” kata kapolda.(tim)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Pelita-Ruslan Dapat Sinyal dari Partai Maju Pilkada Loteng

Read Next

Polres Akan Mediasi Kasus Dugaan Penipuan Oleh Ketua BPPD Loteng

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *