Kapal Ini Bisa Angkut 500 Orang Penumpang

  • Bagikan
F KM
IST/RADAR MANDALIKA PARKIR: KM Kirana VII yang bersandar di Pelabuhan Lembar, Kamis (6/1), dan siap dukung pelaksanaan MotoGP Maret mendatang.

LOBAR – Setelah diresmikan Menteri Pariwisata, Kapal Motor (KM) Kirana VII dengan fasilitas standar pariwisata siap melayani rute untuk mendukung pelaksanaan MotoGP Mandalika Maret 2022 mendatang. Bahkan kapal rute Surabaya-Lembar itu sudah menerima bookingan untuk pengangkutan dan kendaraan yang akan menonton MotoGP.

“Sudah ada bookingan Maret nanti, 40 unit kendaraan akan diangkut dari Makassar, Surabaya, dan Lombok untuk MotoGP,” terang Direktur Operasi dan Usaha PT Dharma Lautan Utama (PT DLU) Rakhmatika Ardianto, Kamis (6/1) lalu.

Menurutnya KM Kirana VII ini sangat menunjang pariwisata. Terlebih interior kapal yang disesuaikan dengan nuansa Lombok. Pihaknya sangat ingin mendukung perkembangan pariwisata seperti yang diprioritaskan pemerintah. Apalagi pemerintah pusat selalu mendorong pembangunan infrastruktur daerah.

”Dalam mendukung ini DLU menyiapkan kapal roro dengan rute Surabaya-Lembar. Ini untuk pengembangan lima kawasan wisata strategis,” tambahnya.

 

Salah satunya kawasan wisata strategis di Lombok, tepatnya KEK Mandalika. Mandalika punya ikon event WSBK dan MotoGP. Ia pun memaparkan harga tiket kapal itu. Yakni untuk penumpang tarif dikenakan Rp 150 ribu, termasuk makan dan snack. ”Penumpang bisa mendapatkan hiburan dan tempat tidur yang bebas digunakan tanpa biaya tambahan,” jelasnya. Kapal ini bisa mengangkut penumpang 500 orang dengan kendaraan besar 24 unit. Sementara kendaraan kecil bisa hingga 34 unit.

Kepala Kantor KSOP Kelas III Lembar, R Pradigdo mengatakan kapal roro jarak jauh mulai mengalami peningkatan. Apalagi menjelang MotoGP, para pengusaha penyeberangan atau operator kapal jeli melihat potensi dan peluang yang ada. ”Jadi saat ini ada empat kapal melayani rute Surabaya-Lembar ada Oasis, Batulayar, Egon, dan KM Kirana VII,” jelasnya.

Tentunya ini suatu kemajuan, karena di masa pandemi penumpang turun drastis, sedangkan logistik terus ada dan tidak boleh putus. Namun adanya peningkatan moda transportasi diakui karena adanya gelaran WSBK dan MotoGP di Mandalika, Lombok. ”Gaung MotoGP sudah mulai kelihatan sejak jauh hari dan sudah disiapkan sarananya. Mudahan animo masyarakat di Jawa nantinya tinggi, dan kita sudah siap dari segi angkutannya,” pungkasnya. (win)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *