Kades Bonder: Saya Akan Pecat Tujuh Kadus

f Kades bonder

DOK PRIBADI FOR RADARMANDALIKA.ID Selamat Riadi alias Rebe

PRAYA – Kepala Desa (Kades) Bonder, Kecamatan Praya Barat Selamat Riadi alias Rebe memberikan warning kepada tujuh kadus di desanya. Bahkan Rebe mengancam, dalam waktu dekat tujuh kadus yang tidak seirama dengan pemerintahan ini akan dipecat.
Kades Bonder, Selamat Riadi menegaskan ia mengaku memiliki kondisi yang sama dengan Kades Barejulat Kecamatan Jonggat. Disebutkannya, hampir 75 persen perangkat desa tidak beres. Mereka tidak menaati perintah pimpinan disebabkan tak sejalan dan faktor silang.

“Kalau Kades Barejulat pecat lima Kadus, saya saja sebentar lagi akan pecat tujuh kadus kalau tidak mau berubah,” ancam Rebe.

Disebutkan mantan pendemo ini, banyak regulasi melabrak hak kewenangan, hak asal usul desa, termasuk kepala desa di batasi kewenangannya. Rebe menemukan ada janji politik kades, alasan faktor silang pendapat dan mekanisme lainnya mereka tidak indahkan. Ujung-ujungnya yang keberatan melakukan gugatan ke PTUN, sehingga keputusan tersebut desa dituntut untuk mengembalikan posisi bawahannya yang dipecat.
Ditambahkan Rabe, pada porsi konsultasi di kecamatan memang jadi keharusan mekanismenya, tentunya kecamatan menyerahkan kembali ke kades. “Tergantung bagaimana memaknai, saya sudah sekian banyak saya pecat tentu bukan karena tidak punya alasan. Kalau saya posisi Kades Berejulat jelas saya anggap ini tidak apa-apa, soal mekanisme itu hak kepala desa boleh,” sebut dia.
“Adapun FKD juga harus bertindak dan bersikap jelas, terutama Bupati juga harus segera menginstruksikan pihak terkait segera menuntaskan persoalan ini,” pungkasnya.(tim)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

614 Kasus Stunting Ditemukan di Empat Desa di Jonggat

Read Next

Pathul Jatuhkan Pilihan ke Firman, Senin Besok Dilantik

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *