DKPP Jatuhkan Sanksi untuk Ketua Bawaslu Lombok Tengah

F pelapor

KHOTIM/RADARMANDALIKA.ID MENUNJUKKAN: Pelapor, Junaidy Supriyadi Akbar menunjukkan bukti hasil sidang DKPP, Kamis kemarin.

PRAYA – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akhirnya menjatuhkan sanksi kepada Ketua Bawaslu Lombok Tengah, Abdul Hanan. Hanan dinyatakan melanggar kode etik atas aduan yang masuk ke DKPP.
Adapun sidang putusan nomor:138-PKE-DKPP/V/2021 yang telah diputuskan tanggal 4 Agustus 2021, kemudian dibacakan dalam sidang kode etik 18 Agustus 2021.
Sementara, dari putusan itu ada beberapa item disampaikan. Mengabulkan pengaduan untuk sebagian. Kemudian menjatuhkan sanksi kepada terlapor Abdul Hanan selaku ketua merangkap anggota Bawaslu sejak dibacakan putusan. Kemudian memerintahkan Bawaslu NTB untuk melaksanakan hasil keputusan dalam kurun waktu 7 hari sejak ada putusan. Kemudian, memerintahkan badan pengawas pemilihan umum untuk mengawasi pelaksanaan putusan tersebut.
Ketua Bawaslu Loteng, Abdul Hanan yang dikonfirmasi Radarmandalika.id via WA irit bicara. “Hanya peringatan,” jawabnya.

Adapun sanksi yang dijatuhkan, Hanan menyebutkan tidak sampai ke pemecatan. Atau bukan sanksi berat.”Tidak ada sanksi berat, syukur alhamdulillah,” ucapnya.

Sementara pihak pelapor, Junaidi Supryadin Akbar mengatakan bahwa putusan sudah disampaikan DKPP. “Kita membawa persoalan ini ke DKPP kaitan bagaimana Pemilu kedepan dapat bermartabat, keputusan saat tidak sesuai dengan yang diharapkan,” katanya kecewa.

Jun berharap, minimal saat terjadinya pelanggaran kode etik oleh ketua bawaslu atau anggota lainnya, paling tidak akan memberikan sanksi pemberhentian. Sebab kasus dilakukannya, perbuatan yang telah mencoreng nama institusi Negara.
Kata Jun, adapun bukti lampiran sudah sangat kuat falid dan tidak ada persoalan, sehingga penting kemudian dipertimbangkan pada pandangan kedua dari Ida selaku anggota DKPP yang harusnya menjadi pertimbangan keputusan.
“Ya sekarang kita tunggu saja sanksi apa yang akan diberikan oleh DKPP dan Bawaslu NTB,” tegasnya.(tim)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

PPDI Lombok Tengah Dukung Pengadaan Motor Dinas Kadus

Read Next

79 Kepala Keluarga “Terkurung” di Tengah Sirkuit Mandalika

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *