Iswan Rakhmadi. (PKP SETDA LOTIM / RADAR MANDALIKA)

LOTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur (Lotim) melalui Dinas Pariwisata (Didapat) mendukung penuh Festival Kecimol yang digelar Asosiasi Kecimol NTB. Bahkan sebagai bentuk pembinaan terhadap atraksi wisata, Dispar memberikan perhatian terhadap festival tersebut.

“Sebagai bentuk pembinaan, pemerintah daerah memberikan perhatian kepada komponen di berbagai sektor, termasuk festival kecimol yang diselenggarakan Asosiasi Kecimol NTB,” kata Kepala Dispar Lotim, Iswan Rakhmadi, belum lama ini.

Dari segi pengembangan ekonomi kreatif, kelompok kecimol yang jumlahnya mencapai tak kurang dari 130 grup adalah komponen yang perlu mendapat dukungan atau fasilitasi. Ia mengakui dukungan Pemda terhadap kegiatan tersebut sesuai porsi.

“Kalau dinilai secara materi jumlahnya mencapai 10 sampai 20 persen untuk fasilitasi pembukaan kegiatan,” katanya.

Masih kata Iswan, kecimol sebagai bagian dari pengembangan ekonomi kreatif, membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Sehingga perlu mendapat perhatian dalam bentuk pembinaan. Pembinaan itu salah satunya dalam bentuk fasilitasi.

“Pembinaan yang dilakukan oleh asosiasi, maupun Pemerintah Daerah diharapkan dapat mengurangi dampak negatif kecimol yang kerap disoroti masyarakat,” tegasnya.

Disebutkan, asosiasi sendiri telah memberikan batasan dalam bentuk awik-awik bagi setiap grup kecimol. Seperti larangan mengonsumsi alkohol dan narkoba serta meninggalkan porno aksi dan kesan seronok.

“Bagi grup yang melanggar hal itu akan dikenai teguran hingga denda,” pungkasnya. (fa’i/r3)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 260

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *