HL IDHAM KHALID. (HAZA/RADAR MANDALIKA)

PRAYA – Dinas Pendidikan (Disdik) Lombok Tengah memberikan imbauan melalui Surat Edaran Nomor 422.2/577/D.1/2023 tentang Edaran Kegiatan Pembelajaran tingkat SD dan SMP selama bulan Ramadan 1444 Hijriyah tahun 2023.

Kepala Dinas Pendidikan Loteng, HL IDham Halid mengatakan, awal Ramadan sekolah diliburkan pada Kamis-Sabtu 23-25 Maret sesuai dengan kalender pendidikan. Selama bulan Ramadan proses belajar mengajar juga akan dimundurkan menjadi pukul 08.00 WITA dalam memulai aktivitas KBM.

“Selain itu, kegiatan pembelajaran jenjang PAUD/TK dan SD dimulai pada 27 hingga 31 Maret mendatang dan 1 hingga 6 April mendatang. Kemudian bagi jenjang SMP dimulai tanggal 27 Maret hingga 1 April dan 10 sampai 15 April mendatang,” ujar Idham Halid.

Ia mengatakan, proses pembelajaran juga makin diperpendek, bagi jenjang PAUD dimulai dari pukul 08.00 hingga 10.00 WITA, jenjang SD pukul 08.00 hingga 11.00 WITA, begitu juga bagi jenjang SMP yaitu dimulai pada pukul 08.00 hingga 12.00 WITA.

Selain proses kegiatan belajar mengajar juga, pihaknya mendorong agar ada kegiatan pesantren kilat di sekolah masing-masing. Kegiatan dimulai dengan diadakan tadarusan alquran bersama-sama.

“Karena itu, kami mendorong agar hasilnya benar-benar dirasakan oleh siswa, guru bisa membuat format kendali kegiatan selama bulan Ramadan. Yang nantinya di sana diisi dengan kegiatan pembiasaan ibadah serta akhlak budi pekerti,” serunya.

Diyakini, pesantren kilat dapat membentuk karakter mereka agar lebih religius. Dalam kegiatan pesantren kilat kegiatanya diisi dengan tadarus, salat duha serta pembelajaran agama. Di samping itu, bagi siswa non muslim di satuan pendidikan dapat menyesuaikan program lainnya.

“Alhamdulillah, sekarang kita di masa endemi. Sehingga, sekolah yang ingin melaksanakan buka bersama, tarawihan, atau melaksanakan malam bina iman dan taqwa (mabit) bersama, hal ini tentu menjadi nilai tambah,” pesannya.(fiz)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 390

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *