Dandim Loteng Tekankan Jaga Toleransi Umat Beragama

IMG 20210414 WA0034

IST/RADAR MANDALIKA ARAHAN: Dandim Loteng saat memberikan arahan kepada anggota, kemarin.

PRAYA – Bulan suci Ramadan 1442 H bertepatan dengan perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan. Tentunya ini menjadi momen yang langka karena keduanya tengah menjalani di bulan dan tahun yang sama, yakni tahun 2021 dimana masa pandemi belum berakhir.

Toleransi antar umat beragama sangat penting. Mengingat negara ini bermacam agama, suku, dan budaya,  sebagai mahluk sosial yang saling berinteraksi antara satu dengan yang lainnya di tengah masyarakat dan saling menghargai antar sesama umat beragama.

“Dalam hal ini Kodim 1620/Loteng harus bisa menjadi contoh terdepan dalam toleransi antar umat beragama Khususnya di Lombok Tengah.  Bagaimana tidak karena kedua agama saat ini sama-sama sedang menjalani  ibadahnya masing-masing di tengah pandemi Covid-19,”ujar Dandim Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan saat memimpin apel, kemarin.

Selain itu, pada Ramadan ini aktivitas pasti akan berubah seperti biasanya. Karena kegiatan pasti akan banyak di rumah atau istirahat, tapi yang rawan adalah pada saat jelang buka puasa dan tarawih bagi umat muslim dan jelang perayaan ibadah Galungan dan Kuningan bagi umat Hindu.

 “Untuk itu kepada  Danramil yang punya wilayah agar kerahkan Babinsanya untuk selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam hal ini kades, kadus setempat  dalam pemberian imbauan dan penerapan protokol kesehatan. Agar tidak ada klaster baru kasus Covid 19 di wilayah,  khususnya Lombok Tengah,” pesan orang nomor satu di Kodim loteng tersebut.

Dandim berharap agar di masjid dipasangi lagi pembatas atau jarak karena sampai saat ini masih banyak terlihat untuk garis yang ada di masjid maupun di pura sudah mulai hilang.

“Untuk itu, saya tekankan agar yang mempunyai wilayah terus himbau masyarakatnya di bulan suci Ramadan  maupun di hari raya galungan dan kuningan ini,” tegasnya.

Selain itu, ia juga berpesan kepada para anggota yang sedang menjalani  ibadah puasa maupun galungan dan kuningan agar senantiasa selalu menjaga diri serta tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Saya atas nama Kodim  1620/Loteng mengucapkan selamat menunaikan ibadah bulan suci Ramadan  1442 H dan Hari raya Galungan dan Kuningan bagi anggota yang akan menjalani,” tutupnya.(tim)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Satgas Covid-19 dan Pol PP Ngaku BNI Praya tidak Ada Koordinasi

Read Next

Bawaslu NTB Dampingi Anggota Bawaslu RI, Afif Gelar Rapat Evaluasi Pilkada di NTB

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *