Cair…! Banpres UKM 2,4 Juta

F Bansos 1

KHOTIM/RADARMANDALIKA.ID DARI KANAN: Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Loteng, Ihsan. Kiri bukti SMS masuk.

PRAYA – Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) Rp 2,4 juta cair. BPUM yang diinformasikan melalui SMS resmi secara lansung kepada penerima bantuan dengan beberapa bank penyalur yakni, BRI, Bank BNI dan Pegadaian dengan nomor registrasi dan identitas merupakan cara penginformasian siapa yang mendapatkan dana stimulan Usaha Kecil Menengag (UKM). Cukup simple, hanya dengan legaslitas surat keterangan usaha dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai pelengkap bukti lampiran dalam klaim SMS yang diterima ke pihak bank .

Seorang warga yang sedang mengurus bantuan ini, Muksin warga Desa Monggas, Kecamatan Kopang mengaku menerima SMS secara resmi. Namun dia tidak tahu menahu benar atau tidak awalnya. “Sempat tidak percaya, tapi kemarin yang membawa KTP dan menunjukkan SMS langsung cair, namun sekarang harus dengan surat keterangan usaha,” terangnya.

Sumiati warga Kelurahan Leneng, Kecamatan Praya juga mengaku telah didata beberapa waktu lalu, pihaknya yang menjual sembako di kediamanya dan saat ini sedang mengurus pencairannya.

Alhamdulillah, syarat pencairan KTP, KK, dan surat usaha. Namun banyak juga yang harus pulang kembali ke desa dan kelurahan mengingat adanya yang belum membawa surat keterangan usaha,” cerita dia pada radarmandalika.id.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Loteng, Ikhsan membenarkan jika Banpres cair. Katanya ini wujud perhatian pemerintah pusat terhadap pelaku usaha kecil di setiap daerah. Dari 53.049 usulan yang diterima dan mendapatkan Banpres, sekitar 25.786 berdasarkan buku rekening yang dikeluarkan  oleh BRI, dan sampai saat ini sekitar 7.000 sudah cair.

“Banyaknya masyarakat yang ke kantor untuk membuat surat izin usaha atau rekomendasi, ada juga kesalahan NIK sebagai falidasi pengantar ke bank,” cerita pria berkumis ini.

Katanya, banyak nomor yang tidak bisa dihubungi dan tidak aktif, termasuk NIK berbeda merupakan persoalan yang tidak terlalu serius.

“Kami akan mengkoordinasikan dengan bank. Dan mengeluarkan surat rekomendasi sebagai pengantar perbankan untuk melakukan pencairan. Saya tidak akan melayani broker,” tutupnya tegas.(tim)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Tonjolkan Aspek Keislaman

Read Next

Wabup Target PAD Meningkat 2021

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *