LOMBOK BARAT – Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Gerung, Lombok Barat sudah mulai mempersiapkan pengawalan Pemilu tahun 2024. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah akan melaksanakan rekrutmen Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Ketua Panwaslu Kecamatan Gerung, Hasbi Ardhani mengatakan, rekrutmen pengawas di masing-masing TPS tetap dilakukan setiap pemilu. Hal ini sebagai upaya untuk menjaga pelaksanaan pemilu tetap transparan.

“Ini memang keharusan Panwaslu Kecamatan untuk melakukan rekrutmen PTPS untuk hadapi Pemilu 2024. Untuk rekrutmen kali ini kita akan segera melaksanakannya, kita tunggu Juknis dari Bawaslu,” ungkapnya.

Pada pemilu tahun 2024, jumlah TPS yang ada di Kecamatan Gerung yaitu sebanyak 275 yang tersebar di 11 desa dan 3 kelurahan. Setiap TPS nantinya akan ada satu orang pengawas yang mengawasi jalannya proses pemungutan suara sampai penghitungan.

“Jadi kita butuhnya itu 275 orang yang memenuhi syarat berdasarkan ketentuan juknisnya, karena masing-masing TPS ada satu orang pengawas,” katanya.

Adapun pengawas TPS memiliki peran penting dalam menjaga integritas dan transparansi Pemilu. Keberadaan pengawas di masing-masing TPS nantinya akan memastikan bahwa proses pemungutan suara berjalan sesuai dengan aturan dan tidak ada pelanggaran yang terjadi.

“PTPS merupakan ujung tombak yang memiliki peran kunci dalam memantau proses pemungutan sampai penghitungan suara dan memastikan tidak ada pelanggaran Pemilu,” tegasnya.

Untuk diketahui pengawas TPS yang di butuhkan di Kecamatan Gerung yaitu di Desa Mesanggok 13, Desa Taman Ayu 20 pengawas, Desa Giri Tembesi 11 pengawas. Desa Kebon Ayu 23 pengawas, Desa Gapuk 13 pengawas, Desa Suka Makmur 16 pengawas, Desa Banyu Urip 24 pengawas, Desa Babussalam 27 pengawas, Desa Dasan Tapen 19 pengawas, Desa Beleke 22 pengawas, dan Desa Tempos 16 orang pengawas.

“Selain itu Gerung juga ada tiga Kelurahan, yaitu Gerung Utara 21 pengawas, Gerung Selatan 25 pengawas, dan Dasan Geres 25 pengawas,” tutupnya.

Untuk syarat dan informasi lebih lanjut bisa pantau terus media sosial Panwaslu Kecamatan Gerung yaitu akun Instagram di @panwascamgerung, Facebook di @panwascam gerung dan E-mail di panwascamgerung@gmail.com. (tim)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 374

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *