BERSAMA: Terlihat anak-anak TKIT Ashopa berbaris menunggu giliran manasik haji, kemarin. (HAZA/RADAR MANDALIKA)

PRAYA – Dalam rangka mengenalkan rukun Islam yang ke lima, TKIT Anak Sholeh Praya (Ashopa) menggelar manasik haji cilik, kemarin.

Kegiatan manasik haji cilik sendiri merupakan program tahunan sekolah, yang mana pada tahun ini diikuti 156 peserta terpusat di Masjid Agung Praya.

Ustazah Sumaryani selaku Koordinator mengatakan, biasanya program ini diadakan  menjelang Idul Adha atau musim haji. Namun tahun ini sengaja lebih awal karena diprediksi haji tahun ini jatuh Juni dan sudah masuk libur semester jadi tidak ada salahnya diadakan lebih awal agar semua program terlaksana.

“Untuk manasik haji cilik ini sudah lengkap dengan kain ihramnya, sehingga anak-anak diberikan gambaran langsung  bagaimana tata cara ibadah haji, cara menggunakan kain ihram dan rukun-rukun haji,” tuturnya.

Intinya dalam kegiatan ini lanjutnya, adalah untuk mengenalkan kepada anak-anak supaya sedini mungkin paham bagaimana rangkaian melaksanakan rukun Islam yang kelima ini.

“Ini dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan anak didik kita terkait ibadah haji,” terangnya.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada orang tua dan guru atas kekompakan dan dukungan, sehingga apa yang telah menjadi program sekolah bisa terlaksana dengan baik.

“Kegiatan ini juga sekaligus ajang silaturahmi dan wisata religi bagi anak-anak,” terangnya.

Dari pantauan Radar Mandalika terlihat anak-anak TKIT Ashopa antusias melakukan prosesi manasik haji cilik ini. Beberapa dari mereka begitu serius menikmati setiap cara bagaimana menjadi haji/hajah yang baik.(hza)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 751

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *