Alhamdulillah, Tuan Guru Bajang Resmikan Klinik Hamzanwadi

  • Bagikan
f RESMIKAN
AHMAD ROHADI/RADAR MANDALIKA RESMIKAN: Ketua Umum Dewan Tanfidziah PB NWDI TGH Muhamad Zaenul Majdi saat meresmikan klinik Hamzanwadi Lombok Utara.

KLU—Organisasi NWDI membangun Klinik Hamzanwadi di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Pembangunan klinik itu guna memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat Lombok Utara. Kemarin (19/1), Gedung pelayanan kesehatan yang cukup megah ini diresmikan langsung oleh Ketua Umum Dewan Tanfidziah PB NWDI TGH Muhammad Zaenul Majdi atau TGB.
Tampak hadir mendampingi TGB, Ketua Umum PD NWDI Lombok Utara Dr H Najmul Akhyar, Asisten 1 Pemerintahan Setda Lombok Utara Raden Nurjati, Dirut Klinik Hamzanwadi Zulfahrudin, mitra kerja pihak BPJS, PMI Lombok Utara dan tamu undangan lainnya.

Di hadapan awak media TGB menyampaikan keberadaan Klinik Hamzanwadi yang sudah mulai beroperasi di Lombok Utara diharapkan menjadi klinik yang dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat setempat. Ia sendiri tidak meragukan dengan keberadaan tenaga SDM yang telah ditempatkan di klinik tersebut yang dinilai rata-rata telah memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam pengelolaan pelayanan kesehatan.

Mantan Gubernur NTB ini menyampaikan sebagai organisasi Islam NWDI membangun umat tidak hanya pada aspek dakwah, pendidikan, juga penguatan ekonomi. Namun dalam aspek kualitas kesehatan masyarakat juga merupakan hal utama. Sehingga keberadaan klinik ini sebagai wujud fasilitasi atau partisipasi dalam mendorong pelayanan kesehatan yang lebih baik. “Dengan adanya klinik ini juga sebagai salah satu bentuk aktualisasi pesan dakwah Maulana Syaikh, dimana perjuangan keumatan harus nyata diberikan. Kontribusi kemanfaatan harus kita tunjukkan,” terangnya.

Berdirinya Klinik Hamzanwadi di Lombok Utara ini kata TGB, merupakan yang pertama semenjak Covid 19 merebak di tanah air. Namun ia menerangkan jika sesungguhnya dibeberapa daera lain juga sebelumnya telah memiliki pusat layanan kesehatan yang sama. “Semoga ini menjadi klinik terbaik dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Lombok Utara,” terangnya.

Sementara itu, Dirut Klinik Hamzanwadi Zulfahrudin, M.PH menerangkan bahwa status klinik yang dipimpin saat ini adalah status Pratama. Namun dalam jangka enam bulan ke depan ditargetkan menuju status Utama. “Karena kami ke depannya tengah merencanakan untuk adanya dokter spesialis diantaranya spesialis kandungan, spesialis anak, dan penyakit dalam,” terangnya.

Untuk saat ini tambah Zul, terdapat sebanyak 54 orang tenaga yang disiapkan. Terdiri dari 6 tenaga dokter, 8 perawat, 5 bidan, 4 tenaga laboratorium, 4 tenaga farmasi, dan 1 tenaga gizi. Sisanya manajemen, konsultan hukum, security dan CS. “Menyangkut pelayanan yang ada saat ini, yakni apotik 24 jam, poli umum, UGD 24 jam, laboratorium, rawat inap, dan ruang bersalin. Untuk tempat tidur pasien tersedia 13 tempat tidur rawat inap, 3 tempat tidur VIP dan tempat tidur VVIP,” terangnya.

“Kita juga sudah resmi kantongi beberapa izin yang menjadi persyaratan operasional, seperti izin lingkungan, IMB, IPAL, TPS dan beberapa izin prinsip lainnya,” imbuh mantan Kabag TU RSUD Lombok Utara itu.

Sementara itu, Asisten I Setda Kabupaten Lombok Utara, Raden Nurjati mengaku sangat mengapresiasi dengan terbangunnya Klinik Hamzanwadi. Karena dengan adanya klinik ini maka menjadi lebih banyak tempat fasilitas kesehatan yang bisa dinikmati masyarakat Lombok Utara. “Dengan adanya klinik ini juga menambah jumlah tenaga SDM kesehatan khususnya tenaga dokter di Lombok Utara, yang saat ini baru tercatat 40 orang dokter,” bebernya.(dhe)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *