39 Pelajar Dikirim ke Eropa

F pelajar

DILEPAS: Gubernur NTB saat memberikan sambutan dipelepasan 39 pelajar asal NTB, Sabtu lalu.

MATARAM – Kendati kondisi Covid-19 terus menyerang dunia. Pemprov NTB bersikokoh melanjutkan program pengiriman pelajar NTB ke luar negeri. Pengiriman pelajar itu merupakan program Unggulan Pemerintah Provinsi NTB, yakni 1000 Cendikia melalui Beasiswa NTB semakin diminati para milenial.

Hingga saat ini, Pemprov tercatat telah mengirimkan 551 mahasiswa untuk berkuliah dan mengejar cita – cita di berbagai benua. Dengan Target 1000 Cendekia di tahun 2023 mendatang, pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB bersama Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) NTB diyakini mampu mencapai target, bahkan bisa melampauinya.

Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah melepas 39 penerima awardee. Dengan rincian 32 orang awardee ke Polandia, 3 orang awardee ke Ceko dan 4 awardee ke Rusia.

Zulkieflimansyah menyebut, bahwa negara-negara tujuan beasiswa di Benua Biru adalah pintu masuk untuk terus bermimpi dan berkarya lebih besar dan bermanfaat.

“Jadi sebenarnya mimpi kita besar, keluar negeri itu untuk membuka jaringan. Eropa dalam jangkauan kita, sehingga setiap langkah kaki pemuda NTB terdengar di seluruh dunia” ujar gubernur.

Gubernur juga menyampaikan alasan mengapa pemerintah Provinsi NTB terus berikhtiar mengirim pemuda NTB ke luar negeri. Menurutnya, dengan beasiswa keluar negeri, yang muncul dalam dada para mahasiswa adalah semangat merah putih yang terus bergelora.

“Anda dikirim keluar negeri supaya anda sadar, anda adalah elang yang bisa menjadi tokoh dunia dan anda bisa bekerja di World Bank, New York, atau dimana saja di seluruh dunia. Tentunya yang menghadirkan banyak kebaikan dan inspirasi bagi anak-anak NTB,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB,  Aidy Furqon mengatakan para awardee dapat tetap menjaga dan membawa karakter ke-NTB-annya di Eropa nanti. Menurutnya, anak muda NTB harus bangga dengan adat ketimuran yang ada di NTB dan Indonesia. Selain itu juga, Ia berpesan agar segera menyesuaikan diri dengan kultur dan kebiasaan belajar di luar negeri.

“Selamat kepada adik-adik yang mendapatkan beasiswa tujuan Polandia, Ceko dan Rusia,” ujarnya. Kita harus bersyukur Allah telah mempertemukan kita di satu Provinsi yang bernama NTB,” tutupnya. (jho)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Bentuk Perhatian ke Penyandang Disabilitas

Read Next

75 Orang Pemuda Bertalenta Asal Gumi Tastura

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *