SURABAYA – Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengadakan pertemuan khusus dengan KH Ubaidillah Faqih, Pimpinan Pondok Pesantren Langitan di Babat, Jawa Timur, Minggu malam (10/9/2023).

Kedatangan Yusril yang didampingi Sekjen PBB Afriansyah Noor dan Ketua DPW PBB Jawa Timur Muhammad Masduki terkesan tertutup. Kiyai Ubaidillah hanya ditemani putranya, yang juga pengasuh Pondok Pesantren Langitan Gus Alawi.

Pertemuan berlangsung sekitar dua jam disertai jamuan makam malam dan berjalan kaki melihat-lihat kehidupan di dalam pesantren yang berdiri sekitar tahun 1850 itu.

Yusril mengatakan, kunjungannya ke Pondok Pesantren Langitan adalah untuk bersilaturrahmi. Hubungannya dengan pondok tersebut telah terjalin ketika KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan ulama sepuh pondok tersebut KH Abdullah Faqih masih hidup.

Kiyai Faqih sangat berterima kasih dan menghormati Yusril yang rela mundur menjadi calon Presiden RI dalam Sidang MPR 1999 dan memberikan kesempatan kepada Gus Dur.

Kiyai Faqih mengatakan Yusril adalah tokoh berjiwa besar yang menjaga persatuan umat. “Dia anak Masyumi yang faham sejarah politik umat Islam dan sangat dekat hubungannya dengan kaum Nahdhiyyin,” kata Yusril menirukan ucapan Kiyai Faqih dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/9/2023).

Setelah Kiyai Faqih wafat, putranya yang kini mengelola Pondok Langitan, KH Ubaidillah Faqih meneruskan hubungan baik itu.

“Saya sangat menghormati Kiyai Ubaidillah, dan menganggap beliau sebagai kiyai yang mukasyafah yang mampu melihat persoalan yang tak terlihat manusia biasa. Beliau mewarisi kemampuan itu berkat gemblengan para leluhurnya,” ujar Yusril.

KH Ubaidillah memberikan nasihat dan mendoakan Yusril agar tetap istiqomah dan konsisten dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa dan memperhatikan kehidupan umat Islam Indonesia.

“Saya mendoakan agar Pak Yusril menjadi salah seorang pemimpin bangsa yang amanah yang dapat membangun hukum dan menata negara ini dengan baik, agar bisa menjadi negara yang adil dan makmur,” ujar Afriansyah yang mendampingi Yusril dalam pertemuan tersebut menirukan ucapan Kiyai Ubaidillah.

“Kiyai Ubaidilah menitip salam kepada Pak Prabowo Subianto melalui Pak Yusril dan saya. Beliau mengatakan dengan tangan terbuka akan menyambut kedatangan Pak Prabowo bersilaturrahim dengan para kiyai dan santri Pondok Pesantren Langitan,” kata Afriansyah Noor. (red)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 212

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *