SURABAYA – Pengasuh Pondok Pesantren Langitan, KH Ubaidillah Faqih, mengajak Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra, Sekjen PBB Afriansyah Noor dan Ketua DPW PBB Jawa Timur Muhammad Masduki untuk beriazah ke makam KH Abdullah Faqih dan para leluhur pendiri Pondok Langitan di Babat, Jawa Timur, Minggu (10/9/2023) malam

Sambil berjalan menuju makam, Kiyai Ubaidillah menceritakan sejarah Pondok Pesantren Langitan sejak berdiri sekitar tahun 1850 sampai sekarang. Kiyai Ubeid adalah generasi ke tujuh yang memimpin pondok pesantren yang secara turun-temurun dipimpin oleh para kiyai kharismatik tersebut.

Yusril mengenal pondok pesantren itu dari Almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Yusril mengatakan dia beberapa kali bertemu dengan Almarhum Kiyai Abdullah Faqih karena diajak Gus Dur yang sangat menghormati para kiyai Langitan.

“Bahkan tidak jarang Gus Dur belum berani ambil keputusan penting sebelum mendengarkan pandangan Kiyai Langitan” kenang Yusril yang menjadi Menteri Kehakiman dan HAM ketika Gus Dur menjadi Presiden.

Di makam KH Abdullah Faqih dan para leluhur Pondok Pesantren Langitan, Kiyai Ubaidillah berdiri membaca alfayihah dan beberapa surah Al-Qur’an sebelum membacakan do’a di hadapan makam para leluhur.

Usai berdo’a Kiyai Ubaidillah memberikan nasehat kepada Yusril agar bersikap lurus dan tawakkal dalam berjuang dan jangan sekali-kali melalaikan amanah.

“Saya kenal Pak Yusril sebagai orang yang lurus dan pikirannya jernh melihat persoalan bangsa kita. Beliau seorang ahli hukum yang mumpuni yang dibutuhkan bangsa ini untuk menegakan hukum dan keadilan. Semoga Allah SWT memberikan jalan yang terbaik untuk Pak Yusril, ” kata Kiyai Ubaidillah. (red)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 216

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *