Wirahman Dukung Pilkada Serentak Ditunda

F L Wirahman

IST/RADAR MANDALIKA H L Wirahman Wiradarma

RAYA – Keluarnya surat pernyataan sikap penolakan terhadap penyelenggaraan Pilkada serentak oleh dewan perwakilan daerah (DPD) RI, 2 Juni kemarin. Mendapat dukungan dari salah satu bakal calon Bupati Lombok Tengah, HL Wirahman Wiradarma.

 Pria yang juga Ketua MPW Pemuda Pancasila NTB mengatakan, dia menyetujui usulan DPD RI agar Pilkada ditunda. Sebab sangat beresiko akan terjadi ledakan baru akibat klaster pilkada.

 “Melihat kesiapan penyelenggara saat ini, kemungkinan besar akan terjadi klaster baru akibat Pilkada,” sebutnya kepada Radar Mandalika, kemarin.

Dia mengatakan, melihat kesiapan komisi pemilihan umum (KPU) dalam menyiapkan protocol kesehatan, sangat riskan jika tetap menyelenggarakan pilkada di tengah pandemi seperti saat ini.

 “Sangat beresiko, ibadah haji saja berani ditunda,” katanya.

Menurutnya, keputusan ini terkesan sangat dipaksakan, jika pilkada saat ini cacat pada proses, maka hasil juga akan otomatis cacat. Maksudnya, proses penyelenggaraan tidak seperti pada masa normal, sehingga sangat pengaruh pada hasil nantinya.

“Contoh, seandainya ada pasien atau mantan pasien covid-19 yang akan mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS), secara moril akan membuat masyarakat untuk enggan datang ke TPS,” yakinnya.

Kemudian, sosialisasi dan kampanye yang sifatnya mengumpulkan masa, apakah mungkin dilakukan disaat kita menghindari keramaian.

Dirinya melanjutkan, tahapan dalam pengrekrutan dan sosialisasi kepada para petugas di masa ini juga beresiko, karena dalam aturan yang ada berkumpul dalam jumlah banyak tidak diperbolehkan.

 “Bahkan acara penikahan dan nyongkolan saja dibatasi,” kata dia.(cr-buy)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Bupati-Walikota Diingatkan Tak Gegabah

Read Next

Biadab, Ayah Rampas Perawan Anak Kandungnya di Dompu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *