LAO CAI, VIETNAM- – Vietnam Journalists Association (VJA), Provinsi Lao Cai, Vietnam, mengajak Persatuan Wartawan Indonesi (PWI) kolaborasi informasi.

Ajakan itu disampaikan Ketua VJA Provinsi Lao Cai sekaligus Direktur Stasiun Radio dan Televisi Provinsi Lao Cai, Le Truong Giang, saat menerima delegasi PWI di kantornya.

“Mungkin ke depan bisa berkolaborasi informasi. Kita bisa mendapatkan berbagai pemberitaan dari Indonesia, begitu juga sebaliknya. Sehingga masyarakat di kedua negara bisa saling mengetahui,” paparnya.

Dia menjelaskan, pariwisata saat ini menjadi salah satu andalan di Lao Cai adalah daerah wisata Sa Pa. Karenanya, informasi lokasi wisata bisa menjadi salah satu tema dalam kolaborasi.

Selain itu, menurut Truong, Provinsi Lao Cai memiliki banyak kekuatan informasi lain seperti pengembangan industri, pertanian, dan identitas budaya yang unik. “Lao Cai merupakan Provinsi termaju di wilayah utara Vietnam. Wisata nasional kami sudah sangat terkenal,” paparnya.

Le Truong menambahkan, Lao Cai memiliki tiga kantor media lokal dan ada sekitar 20 kantor cabang media nasional.

“Selain masih mempertahankan bentuk jurnalistik tradisional seperti, radio, TV, dan koran. Kami juga terus belajar dan beradaptasi dengan jurnalisme modern seperti multi media. Kami fokus terhadap pengembangan dan pembangunan konten di platform media sosial,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Rombongan Delegasi PWI Sihono HT, menyambut baik ajakan kolaborasi pemberitaan dengan VJA Provinsi Lao Cai. Pihaknya akan menindaklanjuti ajakan setelah menyelesaikan kunjungan.

“Ajakan ini akan kita rekomendasikan kepada PWI Pusat supaya bisa ditindaklanjuti. Ini ajakan yang positif bagi perkembangan informasi negara kita dengan Vietnam,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Sihono berterima kasih atas sambutan hangat rekan-rekan media di Lao Cai. Pihaknya merasa terkesan dengan kondisi Provinsi Lao Cai yang memiliki potensi wisata dan pertanian yang sangat bagus.

Sihono mengaku, diskusi-diskusi tentang perkembangan media di kedua negara penting untuk terus diperkuat. “Diskusi seperti Ini akan menambah wawasan. Utamanya kita bisa saling menyebarkan informasi perkembangan masing-masing negara,” paparnya.

Dalam pertemuan itu, turut dibahas berbagai informasi menyangkut perkembangan media, pariwisata, potensi masing-masing negara yang disampaikan para perwakilan delegasi.

Delegasi PWI dalam kunjungan dipimpin Direktur Pers Pancasila PWI Pusat Sihono HT, dengan empat delegasi lain yakni, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat Dwikora Putra, Ketua PWI NTB Nasrudin Zen, Sekretaris PWI Jawa Barat Tantan Sulthon, dan wartawan Pikiran Rakyat Bayu Nurullah.

Sementara yang delegasi dari VJA Provinsi Lao Cai, Kamerad Le Truong Giang, Direktur Stasiun Radio dan Televisi Provinsi, Ketua Asosiasi Jurnalis Provinsi Lao Cai , perwakilan dari pimpinan Asosiasi Jurnalis Provinsi, Surat Kabar Lao Cai, Stasiun Radio dan Televisi Provinsi, dan Asosiasi Sastra dan Seni Provinsi. (*)

100% LikesVS
0% Dislikes
Post Views : 368

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *