PRAYA – Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-117 tahun 2023 wilayah Kodim 1620/Lombok Tengah dilaksanakan di Lapangan umum Jontlak, Kelurahan Jontlak, Kecamatan Praya, Rabu (12/7). Kegiatan tersebut mengangkat tema “Sinergitas lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI – Rakyat semakin kuat”.

Kegiatan tersebut langsung oleh Danrem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti S.IP, M.IP, M.Han, Dandim 1620/Loteng, Bupati Lombok Tengah, Kapolres Lombok Tengah, Kapolres Loteng, Para Dan/Ka, Pa, Disjan Jajaran Korem 162/WB.

Selain itu juga dihadiri oleh perwakilan Lanud ZAM Kasibas ops, OPD lingkup Pemda Lombok Tengah, Danki Brimob Batalyon A Pelopor Lombok Tengah, Ketua Persit Korcab Rem 162/WB, Kapolsek ketepatan TMMD, Para Camat ketepatan TMMD dan Para Kades ketepatan TMMD.

Program tersebut menyasar tujuh desa dan kelurahan. Yakni di Desa Pengadang Kecamatan Praya Tengah, akan dilaksanakan pembukaan jalan baru, pembangunan jembatan, gorong-gorong, pembangunan Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan pembuatan MCK serta tempat wudu. Di Kelurahan Praya Kecamatan Praya akan dibangun PAUD. Di Desa Batunyala Kecamatan Praya Tengah akan dilakukan pembukaan jalan baru, dan pembuatan gorong-gorong.

Kemudian di Desa Jango Kecamatan Praya akan dikerjakan pembukaan jalan baru, pemasangan plat dan gorong-gorong. Di Desa Labulia Kecamatan Jonggat yaitu pembukaan jalan baru, pemasangan plat dan gorong-gorong. Di Desa Sepakek Kecamatan Pringgarata akan dilakukan pemasangan plat dan pemasangan gorong-gorong. Sementara di Desa Mujur Kecamatan Praya Timur dilakukan pembukaan jalan baru, pembuatan jembatan, pemasangan plat dan gorong-gorong.

Danrem 162/WB, Brigjen TNI Agus Bhakti mengungkapkan, TMMD tahun ini tidak hanya di Korem 162,, namun dilaksanakan di semua wilayah. Adapun TMMD ke 117 yang dilaksanakan di Loteng akan menyasar pembuatan jalan sepanjang 5 kilometer, pembangunan TPA dan Paud. Tujuannya menggeliatkan ekonomi masyarakat.

Dengan jalur yang dibangun, masyarakat lebih mudah ke lokasi pertanian dan mempermudah pengangkutan hasil panen. Kemudian sarana pendidikan anak ini dalam rangka meningkatkan SDM sejak dini.

“Tujuh desa sasaran tahun ini merupakan kelanjutan dimana secara bertahap setiap tahunnya Loteng tetap mendapatkan alokasi TMMD. Adapun personiel gabunhan sejumlah 150 orang baik dari TNI AD, AL, AU, Pemda, masyarakat dan Polri,” ungkapnya.

Salah satu lokasi yang dikunjungi Danrem 162 WB dan Dandim 1620 WB yakni di Lingkungan Tengari Kelurahan Praya Kecamatan Praya, yang akan dibangunkan PAUD. Itu disambut hangat masyarakat sekitar.

Pimpinan TPQ Hifzul Ummah, Zaenal Abidin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya, mengingat bangunan yang digunakan sebagai TPQ dikatakan hampir roboh. Dimana merupakan tempat anak-anak belajar dan mengaji. Berkat program TMMD ini tempat belajar sudah sangat luar biasa.

Kendati Demikian, lokasi yang sederhana itu merupakan tempat mencetak generasi muda penghafal Alquran. Dimana, dalam targetnya sebelum lulus SD para anak didiknya sudah menghafal 3 juz dan kemudian ia dorong agar melanjutkan sekolah ke pondok pesantren. Sehingga ke depan dikampung ini pada 5-7 tahun ke depan sudah menjadi kampung penghafal Alquran.

“Harapan kami perhatian ini terus berkesinambungan, bukan hanya 2023 ini, namun ke depan kebutuhan lainnya dapat dibantu,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Loteng H Lalu Pathul Bahri mengatakan, bahwa alokasi dana kolaborasi TMMD tahun 2023 ini sebesar Rp 1 miliar. Namun dari dana yang sedikit ini, namun saat dikerjakan dengan program TMMD maka akan didapatkan hasil pembangunan yang luar biasa.

“Kemanunggalan TNI ini sebagai kebermanfaatan untuk masyarakat, dan bukti sinergi TNI dan Pemda dalam mempertahankan NKRI,” ucapnya.

“Terimakasih pak Dandim arahan Danrem hingga mengerahkan Babinsa dalam kegiatan ini beserta seluruh personel gabungan. Ini semata-mata adalah upaya nyata dalam TNI membangun daerah,” tambahnya. (tim)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 4590

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *