Tiga OPD Dapat Anggaran Lebih

f tauhid

M Tauhid

PRAYA – Ketua DPRD Lombok Tengah (Loteng), M Tauhid mengatakan, pihaknya beberapa waktu lalu telah melakukan rapat koordinasi dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) berkaitan dengan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Perubahan 2020 yang harus disesuaikan sesegera mungkin.

 Untuk itu, DPRD Loteng sendiri saat ini tengah menunggu hasil evaluasi dan pihaknya nantinya akan membahas kembali dengan tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Loteng, untuk melakukan penyesuaian dan penyempurnaan. Setelah matang ke arah mana saja nantinya anggaran dialokasikan, maka tahapan selanjutnya akan masuk pada pembahasan Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD 2021 yang akan diagendakan setelah rapat dengan tim TAPD Loteng.

Tauhid melanjutkan, terkait prioritas anggaran perubahan tahun ini, secara umum mendominasi ke bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi atau tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan tentu masih fokus dengan penanganan covid-19, plus beberapa program yang sudah disusun pada APBD Murni 2020 kemarin.

 Tauhid mengatakan, untuk program pembangunan akan tetap berjalan walau pandemi masih mewabah. Contohnya, DPRD sendiri telah menganggarkan untuk Pasar Jelojok, Kantor Bupati, dan beberapa fasilitas publik lainnya yang tidak bisa disebutkan keseluruhannya. Terkait persentase dominasi kemana arah penganggaran tahun ini dirinya mengaku tidak mengetahui secara rinci, dikarenakan terlalu banyak item yang ada.

 “Intinya ada tiga dinas atau OPD yang mendapat porsi anggaran lebih banyak, yakni Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Dinas PUPR,” bebernya, Kamis kemarin.

Politisi Gerindra ini juga menaggapi terkait permintaan beberapa pihak yang menginginkan unsur pendidikan dari kementerian agama, seperti pondok pesantren dan yayasan yang ada di wilayah, untuk lebih diperhatikan lagi.

 “Kalau untuk kemenag ini lembaga vertikal, yang punya tanggung jawab langsung dari kementerian. Jadi di APBD sendiri tidak punya jatah untuk mereka. Kalau Pemda kan fokusnya ke Dinas Pendidikan saja,” jelasnya. (buy)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Pemilik Tanah di Sirkuit Minta Dibayar 14 Miliar

Read Next

Dewan Minta ASN Tetap Netral

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *