Surat Suara Pilkada Loteng Dicetak di Jember

f surat suara scaled

JAYADI/RADAR MANDALIKA Ahmad Fuad Fahrudin

PRAYA — Kertas suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lombok Tengah (Loteng) tahun ini akan dicetak tanggal 16 hingga 19 November mendatang. Surat suara akan dicetak oleh pemenang tender di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM Komisi Pemilihan Umum (KPU), Lombok Tengah (Loteng), Ahmad Fuad Fahrudin membenarkan, bahwa percetakan untuk surat suara Pilkada akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 16 hingga 19 bulan November mendatang di Jember Jatim.

“Surat suara untuk pilkada Loteng tinggal dicetak saja oleh rekanan pemenang tender,”katanya saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Dia menegaskan, setelah surat suara selesai dicetak, tahapan selajutnya adalah pihak rekanan mengirim surat suara itu ke KPU Loteng. Namun demikian, dalam pengirimanya nanti akan mendapatkan pengawalan super ketat dari aparat yang berwenang.  Hal itu guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. 

“Kalau kami sudah terima surat suara. Baru kami jadwalkan untuk pelipatannya. Rencananya untuk pelipatan kami akan laksanakan di eks Aerotel Praya,” ujarnya.

Menurutnya, jumlah surat suara yang dicetak tersebut melebihi dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang telah ditetapkan yakni sebanyak 751,236 pemilih.  Alasanya, karena ada penambahan sebesar 2,5 persen dari jumlah DPT . Ketentuan itu berdasarkan Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2015 tentang norma, standar, prosedur, kebutuhan pengadaan dan pendistribusian perlengkapan penyelenggaraan Pemilu.

“Penambahan ini akan menjadi surat suara yang masuk dalam surat suara cadangan.  Dimana, pastinya akan dibutuhkan nantinya,” ungkapnya.

Disiinggung mengenai jumlah anggaran untuk pengadaan surat suara tersebut, ia enggan bersuara. Namun yang pasti pihak rekanan berkewajiban melakukan penggantian terhadap surat suara, bila ditemukan kondisnya rusak.

“Kalau anggaran coba tanyakan pada Ketua KPU ya,” tuturnya.

Ia mengaku, selain surat suara yang sedang di proses, pihaknya juga beberapa hari ini sudah menerima kotak suara yang akan digunakan. Termasuk, dengan beberapa sarana untuk mengantisipasi pencegahan protokol kesehatan.

“Kotak suara termasuk dengan alat untuk mengantisipasi protokol kesehatan pada pemilihan juga sudah  disiapkan oleh KPU,”ucapnya.

Sementara, untuk pendistribusian surat suara renca yang sudah siap, akan didistribusikan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), kemudian dari PPK akan didistribusikan ke tingkat bawahnya yakni Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga ke tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bertugas di masing-masing TPS.

“Kita melaksanakan tahapan pesta demokrasi ini, tentu harus dengan merujuk segala aturan yang diberikan pemerintah,” tegasnya.

Ditambahkan, pihaknya sangat beharap pilkada tahun ini akan berjalan sesuai dengan keinginan kita semua.  Berjalan sukses dan tanpa ada kendala atau yang mengganggu kamtibmas.

“Kami harapkan masyarakat ikut untuk mengawal pilkada ini juga,” tuturnya. (jay)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Warga Minta Perbaikan Jalan Saat Reses Dewan

Read Next

KPU Jelaskan Soal 0 Rupiah Dana Kampanye Maiq-Meres

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *