LOTIM–Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Lombok Timur telah mengadakan pelatihan manajemen perusahaan media online di Desa Tete Batu, Kecamatan Sikur, pada Jumat (29/12). Acara tersebut juga menjadi momen untuk Musyawarah kabupaten (Muskab) ke-II yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu (30/12).

Ketua SMSI Lombok Timur, Suhaidi, mengungkapkan Muskab yang akan berlangsung Sabtu merupakan agenda tiga tahun sekali. Muskab ini bertujuan untuk memilih pengurus baru yang akan memimpin SMSI Lombok Timur dalam tiga tahun mendatang. “Masa jabatan saya sebagai Ketua SMSI Lotim periode 2021-2023 akan berakhir,” ujar Suhaidi.

Ketua SMSI NTB, HM Syukur, dalam sambutannya mengungkapkan beberapa prinsip penting dalam manajemen perusahaan media online yang baik, yaitu strategi, pengelolaan konten, interaksi dengan pengguna, serta analisis dan pengukuran kinerja.

Strategi media online yang baik menjadi langkah pertama dalam manajemen yang efektif. Hal ini melibatkan pemahaman tentang tujuan bisnis, pesan yang ingin disampaikan kepada audiens, serta pemilihan platform dan kanal yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut.

Pengelolaan konten juga sangat penting dalam manajemen media online. Konten yang baik harus relevan, menarik, dan berkualitas tinggi. Konten tersebut harus sesuai dengan target audiens dan memberikan nilai tambah bagi mereka. Penjadwalan publikasi konten dan pemantauan yang baik akan memastikan konsistensi dan keberlanjutan konten yang diberikan.

Interaksi dengan pengguna merupakan komponen penting dalam manajemen media online. Responsif terhadap komentar, pertanyaan, dan umpan balik pengguna menjadi kunci dalam menjaga keterlibatan dan membangun hubungan positif dengan audiens. Manajemen interaksi dengan pengguna melalui fitur seperti komentar, pesan pribadi, dan forum diskusi juga menjadi hal yang penting dalam manajemen media online.

Terakhir, analisis dan pengukuran kinerja media online perlu dilakukan secara rutin untuk memastikan keberhasilan kampanye tersebut. Pemantauan mengenai jumlah pengikut, tingkat keterlibatan, dan konversi menjadi hal penting dalam mengukur performa media online. Dengan memahami data ini, strategi dan konten media online dapat disesuaikan agar lebih efektif dan dapat mencapai hasil yang diinginkan.

Secara keseluruhan, manajemen media online yang baik melibatkan perencanaan strategis, pengelolaan konten yang berkualitas, interaksi yang positif dengan pengguna, dan pengukuran kinerja secara terus-menerus. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, organisasi dan bisnis dapat memaksimalkan potensi media online untuk mencapai tujuan yang diinginkan. (red)

100% LikesVS
0% Dislikes
Post Views : 322

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *