RR Sri Mulyaningsih (DOK/RADARMANDALIKA.ID)

PRAYA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah (Loteng) kembali akan menggelar Khazanah Ramadan. Rencananya digelar mulai 1-6 April 2023 di Alun-Alun Tastura Praya. Nantinya kegiatan ini disertai bazar yakini ada stand bagi penjual menu berbuka dan stand pelayanan Pemda dan masyarakat.

Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Loteng, RR Srimulyaningsih mengungkapkan, Pemda sudah menggelar rapat bersama pihak Alfamart, Indomart, BI, Bulog dan Polres. Hal ini dilakukan dalam rangka membahas terkait kegiatan Khazanah Ramadhan di Alun-Alun Tastura, Praya.

Kegiatan yang dipastikan berlangsung selama 6 hari itu menghadirkan beberapa pihak yang akan menyediakan barang kebutuhan pokok (Bapok) untuk dibeli masyarakat dengan harga murah karena disubsidi oleh pemerintah. Dan, ada juga nantinya yang menggunakan kupon setiap harinya untuk mendapatkan bapok dengan harga subsidi tersebut.

“BI akan menjual bahan pokok yang terkena inflasi yaitu tomat, cabai dan telur. Bulog akan menjual minyak, beras dan tepung dan untuk gulanya masih didatangkan. Untuk gula juga ada disediakan pada stand Alfamart dan Indomart,” ungkapnya.

“Komoditi yang dijual di Alfamart dan Indomart berkupon, dan setiap hari kita cetak oleh panitia dan bisa diminta saat di lokasi bazar. Kalau stand BI dan Bulog sudah langsung subsidi,” tambahnya.

Diutarakan, Bazar ini nantinya akan diisi oleh 30 stand termasuk Yamaha dan IKM yang menjual menu berbuka puasa berupa makanan siap santap dan 10 stand untuk pelayanan masyarakat dari pemerintah daerah.

Adapun harga bapok di pasar murah ini nantinya, untuk cabe seharga Rp 65 ribu per kilogram, tomat Rp 7 – Rp 9 ribu per kilogram, minyak 14 ribu per liter, telur Rp 50 ribu per tray dengan kualitas jumbo. “Untuk beras masih menunggu harga dan perlu dirapatkan kembali dikarenakan adanya kenaikan HET. Namun yang jelas semua akan dijual tidak melebihi harga HET,” terangnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Loteng, Lalu Firman Wijaya menambahkan, rencana kegiatan Khazanah Ramadhan tersebut akan dirampungkan dalam rapat yang akan dilaksanakan pada Kamis mendatang. “Kita sepakati ada Khazanah Ramadhan, diantaranya nanti itu ada bazar, layanan publik, kesenian, santunan anak yatim. Dan soal teknis besok akan dirapatkan lagi,” ungkapnya.

Dalam pelayanan publik ini, kata Firman, nanti akan dihadirkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Bappeda, Perbankan, Samsat dan SIM akan dikoordinasikan.(tim) 

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 312

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *