Lombok Timur – Anggota DPR RI Dapil Lombok yang juga Ketua DPD PDIP NTB, Rachmat Hidayat memberikan bantuan belasan unit hand traktor berwarna merah untuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se-Lombok Timur. Hal ini dilakukan oleh Rachmat sebagai bentuk kepedulian sekaligus memperkuat semangat gotong royong di kalangan kelompok tani, agar secara kolektif bisa mengolah lahan pertaniannya secara produktif.

Adapun penyerahan belasan hand traktor merah dilakukan di UPTD Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur dengan dihadiri oleh seluruh kelompok tani penerima bantuan tersebut.

Nama kelompok tani masuk sebagai penerima berdasarkan Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen Direktorat Alat dan Mesin Pertanian Nomor 507/Kpts/SR. 430/B.6/PPK/08/2023 tentang Penerima Bantuan Alat dan Mesin Alat pada Kegiatan Bantuan Alat dan Mesin Pertanian Pra Panen.

Rachmat menolak anggapan jika bantuan belasan hand traktor merah tersebut bersumber dari aspirasinya di Komisi VIII.

“Perihal asal muasal bantuan hand traktor ini saya lobby kawan baik saya di Komisi IV, Pak Suding agar mau memberikan bantuan hand traktor untuk petani di Lombok. Akhirnya beliau setuju dan mengirimkan bantuan hand traktor kepada Gapoktan di Lombok Timur,” kata Rachmat Hidayat yang juga Ketua DPD PDIP NTB , Kamis ( 12/10) pekan kemarin.

Bantuan tersebut kata Rachmat bermula saat dirinya berdiskusi dengan Wakil Ketua II DPC PDIP Lombok Timur yang sekaligus Caleg PDIP Dapil 2 Lombok Timur, Ahmad Amrullah tentang apa yang dibutuhkan petani. Amrullah kemudian mengusulkan memberi bantuan hand traktor.

“Hand traktor untuk Gapoktan,” kata Rachmat menirukan ucapan Ahmad Amrullah kala itu.

Selanjutnya, Rachmat bergerak cepat dengan menghubungi koleganya di Komisi IV untuk mewujudkan bantuan hand traktor tersebut.

“Hari ini bantuan hand traktor merah sudah Bapak-Bapak Tani terima dan nikmati. Semoga dengan bantuan ini bisa meningkatkan produktivitas panenan paginya,” ujarnya sembari mengatakan bahwa dirinya hanya menyampaikan keluhan bapak ibu sekalian, kemudian saya minta belasan Hand Traktor dan Alhamdulillah diberikan sama kolega saya di komisi IV tersebut.

Rachmat mengingatkan bantuan hand traktor tidak boleh diperjualbelikan, mengingat pernah ada kasus di Lombok Timur terkait bantuan hand traktor yang diperjualbelikan berujung pada masalah hukum.

PDIP Paling Banyak Bantuan

Sementara itu Kadis Pertanian Lombok Timur, Sahri dalam sambutan mengatakan bantuan hand traktor paling banyak bersumber dari PDIP. Sehingga dia berpesan agar kelompok tani memanfaatkan dengan baik bantuan tersebut.

“Bantuan (hand traktor) yang terbanyak dari PDI Perjuangan. Saya berpesan kepada pengurus kelompok tolong ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, dijaga dan dirawat sehingga masa pakainya akan lebih panjang,” katanya.

Dia mengatakan, tanpa perjuangan Rachmat Hidayat bantuan tersebut mungkin belum dapat dinikmati kelompok tani di Lombok Timur. Atas semangat Rachmat memperjuangkan bantuan tersebut, kelompok tani kini dapat tersenyum mendapat hand traktor yang mendukung produktivitas kerja dan meningkatkan hasil pertanian mereka.

“Tanpa ada perjuangan Anggota DPR RI (Rachmat Hidayat) saya pikir bantuan ini mungkin belum hadir atau belum ada. Ini adalah bentuk perjungan beliau. Kita berterima kasih dan bersyukur,” ujar Sahri didampingi Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian, Darajata.

Dia mengingatkan agar kelompok tani memanfaatkan bantuan tersebut, karena dalam aturannya, jika bantuan tidak dimanfaatkan dapat dipindahkan ke kelompok tani lainnya.

“Barang ini juga tidak boleh dipindah tangankan apalagi diperjualbelikan. Ini untuk kemajuan kelompok tani di Lombok Timur,” kata dia.

Terimakasih Pak Rachmat

Perwakilan Kelompok Tani Patut Tanding Desa Jerowaru, Ali Mudin mengucapkan terima kasih atas perjuangan Rachmat Hidayat yang telah mendistribusikan bantuan hand traktor pada mereka.

“Alhamdulillah kita sangat senang sekali. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan Pak Rachmat. Insya Allah dengan bantuan ini dapat membuat Gapoktan kami dapat lebih produktif lagi dalam bekerja,” katanya.

Sementara Kelompok Tani Tunas Kayun Desa Menceh Kecamatan Sakra, Rustan, mengatakan sangat bersyukur mendapat bantuan hand traktor tersebut. Dia berharap Rachmat Hidayat dapat terus memperjuangkan bantuan untuk masyarakat kecil, khususnya petani.

“Mudah-mudahan Bapak Rachmat Hidayat sehat selalu dan dapat memperjuangkan bantuan pada petani di NTB khususnya di Lombok Timur. Saya sangat bersyukur sekali menerima bantuan ini,” kata Rustan.

Setali tiga uang, Kelompok Tani Bangle Desa Pesanggrahan Kecamatan Montong Gading, Marzuki merasa terharu dan sangat bersyukur atas bantuan hand traktor untuk Gapoktan mereka.

“Kami terharu dan sangat bersyukur sekali mendapat bantuan atas perjuangan Pak Rachmat Hidayat yang selalu memperjuangkan bantuan untuk rakyat kecil. Kami akan mempergunakan ini (hand traktor) dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 379

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *