JAKARTA—Siapa tokoh militer yang pantas menjadi calon wakil presiden (Cawaspres)? Banyak orang menebak- nebak, antara Jenderal (Purn) Moeldoko, Jenderal TNI Dudung Abdurrachman yang masih aktif sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat, atau Laksamana TNI Yudo Margono yang kini sebagai panglima TNI.

Menebak-nebak boleh saja, seperti menebak skor bola. Tetapi orang menebak biasanya punya alasan yang berdasarkan peneropongan, seperti memprediksi siapa yang pantas menjadi cawapres.

Perbincngan calon wakil presiden dari kalangan militer menjadi bagian yang menghangatkan suasana politik menjelang Pemilu. Perbincangan cawapres menghangat sejak Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri secara resmi mengumumkan Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah sebagai calon presiden (capres).

Siapakah sosok cawapres pendamping Ganjar Prabowo? Wacana cawapres pendamping Ganjar, banyak membuat deg-degan, terutama mereka yang merasa layak dan berada dalam radar perbincangan masyarakat.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan sosok Cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 bisa diumumkan sebelum pendaftaran ke KPU pada 19 Oktober 2023.

“Ya bisa seperti itu, bisa juga sebelum pendaftaran diumumkan. Tapi itu dua peristiwa yang berbeda, pengumuman dulu baru pendaftaran,” kata Hasto di Gedung High End, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (11/10/2023) seperti dilansir CNN.

Mencermati dinamisasi politik di tanah air jelang pesta demokrasi 2024, Ketua Umum Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Firdaus angkat bicara. Ia menyebut figur Panglima TNI Laksamana Yudo Margono sebagai sosok yang tepat untuk mendampingi Ganjar Pranowo sebagai cawapres.

“Dia memiliki karir yang cemerlang dan mempunyai track record yang baik. Kalau mau memilih dengan mudah ya Yudo Margono yang sekarang menduduki posisi tertinggi jajaran TNI. Urut kacang saja,” tutur Firdaus.

Sementara Firdaus melihat mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa telah mengambil posisi menjadi salah satu Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. “Ini nilai lebih bagi Ganjar dan calon wakilnya nanti,” tambahnya.

“Sebab itulah sosok Panglima TNI Yudo Margono akan diperhitungkan sebagai cawapres Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024,” kata Firdaus,Kamis (12/10/2023) di Gedung Sekretariat SMSI Pusat, Jalan Veteran, Jakarta Pusat. (pan)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 350

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *