KEGIATAN: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno Saat di Lombok Timur, Rabu (17/5). (IST/RADAR MANDALIKA)

LOMBOK TIMUR – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno mendorong para pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Lombok Timur agar terus berkembang dan berkarya dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.

Hal itu disampaikan dalam kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia di Kabupaten Lombok Timur yang merupakan lokasi kesembilan dari rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia tahun 2023, di Ballroom BKVK Lombok Timur, Rabu (17/5/2023).

Sandi mengatakan Kabupaten Lombok Timur memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar pada subsektor fesyen, kriya, dan kuliner. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf. Kreativitas dan inovasi pelaku ekonomi kreatif pada pemanfaatan teknologi akan menjangkau pasar yang lebih luas.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan Workshop KaTa Kreatif adalah pelaku ekonomi kreatif yang berdomisili di Kabupaten Lombok Timur dengan jumlah peserta sebanyak 200 (dua ratus) orang pelaku usaha dari berbagai subsektor ekonomi kreatif, diantaranya subsektor fesyen, kriya, dan kuliner.

“Melalui penyelenggaraan workshop ini, diharapkan juga dapat mengakselerasi pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Lombok Timur,” terang Sandi.

Kemenparekraf/Baparekraf juga terus mendorong penguatan ekosistem ekonomi kreatif secara komprehensif dengan mengembangkan simpul kabupaten/kota kreatif berdasarkan subsektor ekonomi kreatifnya.  Kolaborasi nasional diperkuat agar dapat mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Kegiatan workshop ini dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Baparekraf, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno dan turut hadir mendampingi Bupati Lombok Timur, H M Sukiman Azmy.

Selain itu, kegiatan workshop diisi oleh narasumber seorang praktisi dalam bidang marketing dan pengembangan bisnis yaitu Ilham Pinastiko untuk berbagi pengalaman dan memberi materi tentang pengembangan bisnis kreatif di Kabupaten Lombok Timur.

Dengan terlaksananya Workshop KaTa Kreatif di Kabupaten Lombok Timur ini diharapkan para pelaku usaha ekonomi kreatif dapat meningkatkan kapasitas yang telah dimiliki sehingga dapat bersaing dan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi sekitarnya, dan juga meningkatkan sinergi antar pemangku kepentingan dalam menghadapi tantangan terutama bagi kementerian/lembaga pusat dan daerah yang dapat direalisasikan dengan rencana aksi dengan tegas dan gerak cepat untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara adil dan merata. (jho)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 716

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *