Mataram – Kegiatan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Kembali digelar untuk angkatan IV di Kota Mataram selama empat hari sejak 9 hingga 12 Oktober 2023.

Program Manager, Sahadeni mengatakan pesrta kegiatan tahap IV ini sebanyak 468 peserta yang terdiri dari Kepala Desa, BPD, PKK, Karang Taruna, LKD dan LAD.

“Seperti kegiatan angkatan sebelumnya, kegiatan pembukaan resminya dilakukan secara daring yang disiarkan langsung dari Provinsi Kalimatan Timur yang dibuka langsung oleh Direktur Jendral Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro,” katanya.

Eko menyebutkan, urusan desa itu sangat kompleks maka, setiap urusan tidak bisa hanya diselesaikan oleh kepala desa sendiri sehingga butuh kerjasama antar desa dan stakeholder lainnya.

“Sehingga semua program dalam rangka mensejahterakan warga desa akan semakin cepat tercapai,” tuturnya.

Kepala Dinas PMPD dan Dukcapil NTB Ahmad Nur Aulia mengatakan, di Provinsi NTB ada 1.021 desa tetapi yang berkesempatan dilatih hanya 860 desa.

“Diharapkan desa-desa yang sudah dilatih dapat mendesiminasikan praktik baik kepada desa yang belum dilatih,” tandasnya.

Selain itu, secara teori akadmiknya antara desa yang dilatih dengan desa yang belum mendapatkan pelatihan menjadi konversi kemajuan desa tersebut.

Pelatihan diharapkan dapat menghasikan 4 hal antara lain. Pertama, bagaimana mensejahterakan masyarakat desa.

Kedua, bisa hadir ditengah masyarakat untuk memberikan solusi dan ketiga terus mendampingi program pembangunan.

“Terakhir. membangun kerjasama dengan stakeholder terkait,” kata Aulia. (red)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 34

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *