Malaysia-Saudi Masih Tutup

F Disnakertrans Loteng

KHOTIM/RADARMANDALIKA.ID SEPI: Seorang hendak keluar dari ruangan pelayanan di Disnakertrans Loteng, kemarin.

PRAYA –Penerimaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Negara Malaysia dan Saudi Arabia masih tutup. Sampai sekarang belum ada warga Lombok Tengah menjadi TKI/TKW.

Sementara, ada 14 negara telah membuka untuk penerimaan TKI/TKW, ini mengacu Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 294 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru beserta pedomannya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnakertrans Lombok Tengah, Baiq Sri Handayani mengatakan, pihaknya saat ini hanya sedang memproses sekitar 60 id sejak dibuka kembali 14 negara yang telah membuka diri dalam menerima TKI. Sedangkan negara Malaysia dan Saudi Arabia saat ini masih belum membuka diri untuk menerima tenaga kerja.

“Negara yang saat ini menerima TKI/TKW, Aljazair bidang konstruksi, Australia untuk semua sektor pada pemberi kerja berbadan hukum, Hong Kong untuk domestik, Korea Selatan untuk emua sektor pada pemberi kerja berbadan hukum, Kuwait untuk semua sektor pada pemberi kerja berbadan hukum, Maladewa untuk hospitality, Nigeria untuk semua sektor pada pemberi kerja berbadan hukum, Persatuan Emirat Arab untuk hospitality, Polandia untuk semua sektor pada pemberi kerja berbadan hukum, Qatar untuk migas, Taiwan untuk semua sektor, kemudian Turki untuk hospitality, Zambia untuk pertambangan dan Zimbabwe untuk bidang pertambangan,” beber Sri.

Sri menjelaskan, dimana antrean yang sedang proses ID dan dilakukan seleksi, kemudian diteruskan ke Dinas Kependudukan Catatan Sipil. “Dan bisa saja mental, dan kembali lagi apabila ada kekeliruan. Maka apabila sudah tidak ada masalah baru kemudian dibuatkan pengantar pasport dan di terbitkan pasport, namun keseluruhan masih melakukan verifikasi, ” tegasnya.

Sri mengimbau kepada seluruh masyarakat dimana dalam melakukan keberangkatan TKI supaya ke Disnakertrans terlebih dahulu memastikan tujuan keberangakatan benar-benar telah dibuka supaya tidak ada kasus penipuan dengan kedok keberangkatan ke negara yang masih ditutup.

Sementara, seorang pemuda Makki warga Kelongkong, Kecamatan Praya Timur yang ditemui di Disnakertrans yang sedang menguris ID mengaku, saat ini sedang melakukan  proses pengajuan ID beserta rekannya sekitar 12 orang untuk keberangkatan Taiwan.

“Saya memilih Taiwan karena di Taiwan banyak orang kampung,”katanya.

Pihaknya menambahkan dimana sebelumnya pernah menjadi TKI ke Malaysia kepulangan dibulan bulan Juli 2020 kemarin. Keberangkatannya ke Taiwan yakni akan ditempatkan di beberapa bidang pekerjaan seperti laundry, benang, dan pabrik. (tim)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

UPPD Tutupi Data Randis Nunggak Pajak

Read Next

Wagub Ziarah di Makam Maulana Syaikh

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *