AMBON – Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD, menerima penghargaan istimewa dari Majelis Latupati Raja-raja Ambon. Dalam sebuah upacara adat yang penuh makna di Markas Majelis Latupati Maluku, Kota Ambon, Sabtu lalu, Mahfud MD dianugerahi gelar adat yang menggambarkan kepemimpinan yang jujur, berani, dan menjadi pelindung masyarakat.

Dalam kata-kata yang sarat dengan makna, Raja Negeri Rutong, Reza V. Maspaiteca, yang juga menjabat sebagai ketua Patupati Kota Ambon, mengumumkan gelar adat yang diberikan kepada Mahfud MD: “Ane Elake Imi Kereke Mimise Kai Kele Kuru Kai Aramauke Tamata Bokala Mei Maluku,” yang dapat diterjemahkan sebagai Pemimpin Besar yang Jujur dan Berani, Pelindung Masyarakat Maluku.

Upacara ini juga dihadiri oleh sejumlah Raja Negeri Ambon, seperti Raja Negeri Ema Janse Tresia Leimen, Raja Negeri Hutumuri Fredy Wass, Raja Negeri Hukurila Otis Haheary, Raja Negeri Taniwel Jance Alewe, Raja Negeri Ulath Hans Nikijuluw, Raja Negeri Buru Tagalisa Moh. Tasalissa, dan Raja Negeri Utta Hasim Warat, serta anggota masyarakat adat Maluku lainnya.

Sebagai simbol dari peran pentingnya sebagai pelindung masyarakat Ambon, Mahfud MD menerima tongkat komando dari ketua Patupati Kota Ambon, mewakili seluruh raja-raja yang hadir. Penghargaan ini diberikan sebagai pengakuan atas keberanian Mahfud MD dalam mengungkap berbagai persoalan hukum di Indonesia.

Dalam ucapan terimanya, Mahfud MD menyampaikan rasa terima kasihnya atas penghargaan tersebut, dan ia berkomitmen untuk menjalankan tugasnya sebagai Pemimpin yang jujur, berani, dan pelindung masyarakat. Mahfud MD juga menekankan bahwa menjadi jujur saja tidak cukup, namun juga harus berani, terutama dalam melindungi masyarakat.

“Kalau kita jujur berhadapan dengan orang tidak jujur, artinya kita harus berani. Jadi jujur, berani, dan melindungi masyarakat,” tegas Mahfud MD.

Setelah upacara penganugerahan gelar adat, Mahfud MD melanjutkan dengan dialog mengenai hukum adat dan perlindungan masyarakat adat, khususnya dalam konteks masyarakat adat di wilayah Maluku. Dengan penghargaan ini, Mahfud MD diharapkan akan terus menjadi sosok yang memegang teguh nilai-nilai jujur, keberanian, dan perlindungan bagi masyarakat. (red)

100% LikesVS
0% Dislikes
Post Views : 304

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *