MATARAM – Lazismu menjadi salah satu mitra kolaborasi Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dalam program kemaslahatan penyaluran sedekah hewan kurban 1.000 ekor sapi dan 1.000 ekor Doku yang tersebar di 25 provinsi se Indonesia. Penyaluran hewan Qurban ini dititipkan melalui 10 mitra kemaslahatan BPKH dan pada tahun ini, Lazismu mendapatkan amanah untuk menyalurkan hewan kurban sebanyak 120 ekor sapi dan 120 ekor Doku yang mana semua titik lokasi dan penerima manfaatnya sudah selesai ditentukan.

Lazismu sendiri secara nasional dalam rangka menggembirakan pelaksanaan Qurban 1444 H, masih dengan tema yang sama seperti tahun sebelumnya yaitu ‘Qurbanmu Kuatkan Ketahanan Pangan’. Diharapkan dengan penyaluran Qurban ini mampu memberikan stok pangan yang melimpah untuk masyarakat yang membutuhkan baik itu dilokasi kantong-kantong kemiskinan, lokasi terdampak bencana kemanusiaan, lokasi pengembangan dakwah 3T maupun lainnya yang sangat membutuhkan. Dengan jangkauan titik dan kriteria pemanfaat yang luas akan mampu menambah nilai manfaat bagi masyarakat yang spiritnya selaras dengan tema kurban Lazismu secara nasional tersebut.

“Sungguh ini kebahagiaan dan amanah yang tidak boleh kita kerjakan setengah hati. Penerima manfaat kita sasar lokasi-lokasi terdampak kekeringan, basis pondok pesantren dan kantong-kantong kemiskinan lainnya yang tersebar di NTB. Kita harus hadir ditengah-tengah mereka memberi kebahagiaan dengan mengantarkannya daging Qurban yang sehat. Para peternak juga kita berdayakan dengan membeli hewan mereka secara langsung tanpa melalui perantara sehingga harganya maksimal,” kata Wiryandinata Ketua Lazismu Kanwil NTB dalam keterangan tertulis, Selasa (27/6/2023).

Untuk di wilayah NTB, LAZISMU Kantor perwakilan NTB diminta menyalurkan 5 ekor sapi untuk masyarakat sesuai kriteria tersebut yang sebarannya berada diarea Kota Mataram, Lombok Utara, Lombok Timur dan Sumbawa. Seluruh sapi dibeli langsung dari peternak lokal dalam rangka menjaga roda ekonomi lokal.

Terpisah, Amir Fahrudin selaku ketua panitia Qurban Lazismu NTB juga menyampaikan momentum Hari Raya Idul Adha 1444 H harus dijadikan sebagai spirit kebersamaan untuk membantu sesama sehingga berkah dari kurban ini dapat turut dirasakan oleh masyarakat yang selama ini belum disasar oleh Lazismu. “Alhamdulillah penerima manfaat juga telah dikantongi dan InsyaAllah pemotongan hewan Qurban akan dilakukan mulai tanggal 28-30 Juni 2023,” terangnya.(red)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 455

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *