SELAMAT: Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana saat menerima penghargaan PPKM Award dari Presiden RI Jokowi di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2023).(DISKOMINFO KOTA MATARAM/RADAR MANDALIKA)

MATARAM – Tiga tahun yang lalu ketika Pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia dan menginfeksi jutaan penduduk membuat tatanan kehidupan sosial di Indonesia mulai berubah. Semua pihak berupaya keras mengatasi persoalan ini. Pemerintah Kota Mataram bertindak cepat melalui berbagai macam kebijakan dan inovasi.

Di satu sisi berupaya meredam laju penyebaran virus Covid-19. Di sisi lain berusaha untuk tetap memenuhi kebutuhan hidup dasar masyarakat seperti bekerja, berdagang, mengajar, bersosialisasi, dan aktualisasi diri.

Kerja keras ini membuahkan hasil, selain laju Covid 19 yang terkendali, kinerja Pemerintah Kota Mataram diapresiasi Pemerintah Pusat dengan mengganjar Pemkot Mataram Piagam Penghargaan
PPKM Award 2023. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, dan diterima langsung oleh Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2023).

“Bapak ibu adalah bagian dari kerja keras, bagian dari perjuangan yang telah kita lakukan. Dan yang jelas, dibandingkan dengan rata rata dunia, kita termasuk negara yang berhasil menangani Covid ini. Penanganan Covid 19 di Indonesia termasuk yang terbaik, dan cakupan vaksinasinya juga termasuk yang terbaik,” ungkap Presiden Jokowi dalam pidato sambutannya, mengutip pernyataan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Lebih lanjut presiden menceritakan, pada September 2021, Johns Hopkins University, salah satu Universitas bergengsi di kawasan Maryland Amerika menyampaikan, bahwa Pemerintah Indonesia termasuk salah satu negara yang terbaik dalam menurunkan kasus Covid 19.

Menurut Presiden, hal ini dikarenakan kerja keras seluruh komponen bangsa. Semua pihak bekerja keras. Dan dari 514 kota/kabupaten di Indonesia, terpilih 15 kota/kabupaten yang terbaik, dimana salah satunya adalah Pemerintah Kota Mataram.

Penilaian dan pemberian penghargaan pengendalian pandemi Covid-19 (PPKM Award) ini bertujuan untuk memberikan penilaian dan penghargaan kepada Pemda yang berkinerja baik dalam implementasi PPKM di daerah, serta menjadi bahan Monitoring dan evaluasi pemda agar program/kegiatan selanjutnya dapat lebih berdayaguna dan berhasil.

Penilaian dan pemberian penghargaan pengendalian pandemi Covid-19 (PPKM Award) merupakan tanda apresiasi dari pemerintah pusat dan bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan pemerintah daerah dalam menghadapi ancaman pandemi/wabah di masa depan.

“Penanganan Pandemi Covid 19 betul betul menunjukkan kekuatan kita yang luar biasa sebagai sebuah bangsa besar. Oleh sebab itu kekuatan ini, bukan hanya bisa digunakan untuk saat ini, akan tetapi bisa digunakan untuk persoalan lainnya,” ujar Presiden yang disambut gemuruh tepuk tangan para hadirin.

Di lain pihak, Wali Kota Mataram mengapresiasi setinggi tingginya penghargaan ini. Menurutnya, apa yang
diraih oleh Kota Mataram saat ini merupakan kerja kolektif semua pihak. Peran serta masyarakat juga menjadi sangat penting, selain berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Mataram dengan mengeluarkan berbagai macam regulasi kebijakkan serta inovasi inovasi untuk menekan laju penularan Covid-19.

“Apa yang kita raih saat ini menunjukkan bahwa langkah bersama kita selama ini sudah on the track. Yang paling penting juga, ada partisipasi masyarakat, yang dengan kesabarannya, kebijaksanaannya, turut mampu meredam penyebaran covid 19 ini. Tampi Asih semeton,” ungkap Wali Kota dengan bangga dan senyum sumringah.(red)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 311

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *