KKN Tematik Unram Bantu Percepatan Pelayanan Desa Mambalan

IMG 20210812 WA0077

KKN TEMATUK: Mahasiswa KKN Tematik Unram Desa Mambalan bersama perangkat Desa Mambalan Kecamatan Gunungsari.

LOBAR—Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik Universitas Mataram (Unram) mengembangkan website untuk membantu desa percepatan informasi dan pelayanan kepada masyarakat. Hal itu diterapkan oleh para mahasiswa Unram ketika menjalankan KKN di Desa Mambalan Kecamatan Gunungsari sejak 21 Juni lalu.
Sekretaris KKN Tematik Desa Mambalan, Anggita Wahyu Suprapti menerangkan program itu untuk membantu dalam pelayanan penggunaan sistem informasi pemerintahan desa berbasis digital untuk pelayanan publik.
“Tujuannya untuk membantu perangkat desa dalam mengoptimalkan web kantor desa dan juga mempermudah para perangkat desa dalam melakukan kegiatan administrasi,” terangnya, kemarin (15/7).

Mahasiswi bimbingan KKN Dosen Program Studi Ilmu Tehnik Dr. Misbahuddin ST MT ini menambahkan, program ini sesuai dengan tema yang diberikan oleh kampus dalam program KKN. Dimana membantu desa dalam mengakses dan menyelesaikan masalah desa. “Karena namanya KKN Tematik bertujuan untuk memberikan kontribusi kepada pemerintah dan warga khususnya dalam pelayanan public di tengah masa pandemi Covid-19 di Lombok,” jelasnya.
Diakuinya berbagai kegiatan dilakukan untuk program itu. Seperti pelatihan penggunaan sistem informasi pemerintahan berbasis digital dalam pelayanan publik guna mempercepat layanan desa. Metode yang digunakan dalam KKN Tematik ini dilakukan secara survey ke lokasi dan mendapatkan informasi dari beberapa narasumber. “Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui KKN Tematik bagi mahasiswa memberikan informasi bahwa rata-rata aparat pemerintah desa belum mengetahui dan memahami bagaimana cara menggunakan fasilitas teknologi internet dalam pelayanan public, khususnya penggunaan sistem informasi teknologi internet dalam pelayanan public. Utamanya penggunaan Sistem Informasi Administrasi Pemerintahan Desa Berbasis Digital,” jelasnya.

Menurut wanita berjilbab ini, era globalisasi saat ini tak lepas dengan informasi yang berkembang dengan pesat. Ditandai dengan adanya pemanfaatan internet yang semakin mendunia. Terlebih internet sudah menjadi kebutuhan manusia. Karena manfaat internet cukup besar dirasakan, terutama dalam memperoleh berbagai informasi di dunia pendidikan, hiburan, ekonomi, social maupun budaya.
Kegiatan ini dilakukan tiga tahapan mulai dari survey, implementasi kegiatan dan evaluasi kegiatan. Survey dilakukan di kantor Desa Mambalan dengan melakukan kunjungan kepada seluruh perangkat desa setempat. kemudian mengambil datanya untuk keperluan data.

“Dalam langkah ini dilakukan analisa tentang potensi implementasi digitalisasi desa di Desa Mambalan untuk layanan masyarakat di Desa Mambalan, serta optimalisasi penggunaan website di desa,” jelasnya.

Setelah itu dilakukan kegiatan implementasi berupa pembuatan website dan updating beberapa fitur layanan administrasi desa. Serta upaya untuk memperbaharui website desa dengan mencantumkan profil, sejarah, tingkat perekonomian, jumlah penduduk dan potensi yang ada di Desa Mambalan.
“Dari hasil survey diketahui bahwa secara umum layanan terhadap kegiatan kemasyarakatan sudah dilakukan dengan perangkat lunak yang ada. Namun untuk website desa saat ini tidak bisa diakses atau diperbaharui tampilannya karena tidak melakukan hosting dimana akan membuat website non-aktif dengan sendirinya,” sambungnya.
Lanjut ia mengatakan, tim melakukan pendampingan pengurusan kembali website Desa Mambalan. Hingga kegiatan KKN selesai, proses pengurusan masih berjalan. “Dalam kegiatan ini juga dilakukan kegiatan menambah fitur-fitur yang ada dalam website untuk mempermudah pelayanan administrasi desa seperti penambahan fitur untuk membuat berbagai macam surat hanya dengan menaruh NIK dan akan tersinkron dengan data surat terdahulu yang telah dibuat,” jelasnya.
Dari hasil observasi juga diketahui bahwa masyarakat Desa Mambalan sangat membutuhkan digitalisasi desa. Maka dari hasil pelaksanaan kegiatan KKN Unram pihaknya mampu mendorong masyarakat, khususnya perangkat desa untuk mengetahui informasi mengenai desa mereka layanan pada website desa. “Setelah kami dari tim KKN Unram tahun 2021 menyelesaikan program kerja, secara umum, respon perangkat desa terhadap kegiatan ini cukup baik dan puas akan hasilnya,” pungkasnya. (red)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Penumpang di BIL Sepi

Read Next

Pekerja Akan Menerima BSU 1 Juta per Orang

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *