CINDERAMATA : Gubernur NTB, Zulkieflimasnyah bersama Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah berbagi cinderamata dengan Wakil Duta Besar Inggris, Mr Matthew Charles Downing di Mataram, Rabu (8/2/2023). (IST/RADAR MANDALIKA)

MATARAM – Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah melakukan audiensi dengan Wakil Duta Besar Inggris, Mr. Matthew Charles Downing di Mataram, Rabu (8/2/2023).

Audiensi tersebut membahas berbagai potensi kerjasama yang bisa dilakukan antara Pemerintah NTB dan Pemerintah United Kingdom. Salah satunya adalah kerjasama di bidang lingkungan.

Wagub NTB, Sitti Rohmi Djalillah mengaku optimis atas kerjasama yang akan dibangun. Karena menurutnya, NTB merupakan daerah terdepan di Indonesia yang konsen terhadap isu lingkungan. NTB dengan berbagai programnya, fokus dengan misi energi terbarukan (terutama nol emisi karbon), NTB Zero Waste dan NTB Hijau.

“Kerjasama dengan Inggris ini baru kita mulai. Kita sangat optimis kedepannya karena NTB Alhamdulillah termasuk terdepan di Indonesia untuk masalah lingkungan ini,” tutur Wagub.

Namun, lanjut Wagub, tidak menutup kemungkinan kerjasama yang akan dijalin juga bisa merambat ke berbagai bidang, pariwisata, kesehatan, ataupun pendidikan. Seperti kerjasama yang dilakukan dengan University of Nottingham.

“Berkembang kerjasama ini, step by step,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Duta Besar Inggris, Mr. Matthew Charles Downing mengaku terkesan dan bangga atas berbagai perjuangan Provinsi NTB terhadap isu lingkungan. Terutama dalam memperjuangkan Zero Net Emission atau nol emisi karbon.

“Kami sangat bangga melihat langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah Indonesia terutama juga di NTB dalam rencananya untuk menurunkan emisinya,” ungkapnya kepada awak media.

Sebagaimana yang diketahui Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Inggris sedang menjajaki kerjasama di dalam bidang berbagai bidang, terutama dalam isu lingkungan.

Wakil Gubernur NTB dalam waktu dekat juga diundang oleh Universitas Nottingham untuk membahas berbagai kemungkinan kerjasama yang dapat terjalin. (jho)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 408

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *