Infrastruktur TIK Mandalika jadi Prioritas

F Wawancara

KETERANGAN: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate dan gubernur saat memberikan keterangan kepada media, Kamis kemarin.

PRAYA – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, menyampaikan bahwa dirinya bahagia dapat berkunjung kembali ke NTB. Kedatangannya kali inipun dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden terkait akselerasi transformasi digital sebagai antisipasi bangsa Indonesia terhadap Covid-19.

Maka kunker ke NTB kali ini dengan dua tugas utama yakni, memastikan kesiapan penyelesaian pembangunan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk desa-desa yang belum ada cakupan sinyal 4G di NTB. Tugas selanjutnya yaitu memastikan pengembangan infrastruktur TIK destinasi wisata super prioritas Mandalika terlengkapi.

“Salah satu sektor yang menjadi pondasi kuat untuk lompatan besar Indonesia di masa Covid dan setelah Covid nanti adalah menyelesaikan kebijakan di sektor Informatika dan Telekomunikasi,” ujarnya dalam sambutannya.

Tanpa tersedianya infrastruktur TIK maka usaha untuk masuk ke akselerasi transformasi digital tentu terkendala. Namun bila dilengkapi dengan pembangunan infrastruktur TIK yang baik dan dihadirkannya sinyal 4G di seluruh wilayah nasional khususnya di wilayah administratif pemerintahan, diharapkan akan mendorong Indonesia untuk mengawali kesiapan Indonesia menjadi bangsa digital.

Johnny menegaskan desa/kelurahan buang belum terjangkau b4G di seluruh indonesia  sebanyak 12.548 desa dimana 70 diantaranya di NTB. Untuk itu di NTB sendiri di tahun ini akan dibangun BTS baru sebanyak 35 desa kelurahan. Sisanya yaitu 35 lagi di tahun 2021. Sebanyak 1.209 BTS di tahun ini adalah BTS eksisting atau BTS USO dan BTS Komersial milik operator seluler yang akan dilakukan upgrade teknologi dari 2G/3G ke 4G.

Detailnya rencana pembangunan infrastruktur BTS USO di NTB tahun 2020 sebanyak 44 lalu tahun depan 35. Di tahun 2019 sendiri baru ada 7 BTS USO dan dua tahun sebelumnya yaitu tahun 2017 hanya 4. Sehingga Kemenkominfo menargetkan BTS USO sejumlah 90.

Berdasarkan rincian kabupaten kota BTS eksisting 2020 di Bima ada 22, Lombok Barat 1, Lombok Tengah 4, Lombok Timur 1, KLU 3, Sumbawa 19 dan Sumbawa Barat 5.

“Pada tahun 2021 direncanakan akan ada tambahan BTS USO uang akan dibangun sejumlah 35 lokasi baru. Sehingga akumulasi jumlah BTS USo di area NTB sampai akhir tahun 2021 sebanyak 90 lokasi,” ungkapnya.

“Disamping BTS yang akan dibangun, Kominfo juga akan menyediakan akses internet untuk wilayah yang belum tersedia sinyal 4G langsung di satelit, karenanya Kominfo nanti akan memperluas ketersediaan kapasitas satelit, yang saat ini untuk mendukung kebutuhan telekomunikasi nasional kita,” ujarnya.

Johnny memastikan Mandalika menjadi prioritas dalam pembangunan sarana dan prasarana serta Mandalika akan menjadi arena Indonesia untuk mengejar dampak dari Covid-19 terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi nasional.

Oleh karenanya, Johnny mengajak seluruh elemen untuk berkolaborasi, berkoordinasi untuk mendukung, juga memastikan pembangunan tersebut, dapat diselesaikan tepat waktu dengan hasil yang optimal dan maksimal.

“Komitmen pemerintah, komitmen Bapak Presiden tetap tinggi, memastikan menyelesaikan seluruh sarana dan prasarana di lima wilayah destinasi bahkan menambah lima destinasi lagi, sehingga menjadi 10 destinasi wisata yang menjadi prioritas,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah menyampaikan pandemi Covid-19 bukanlah halangan  untuk tidak produktif. Munculnya pandemi ini justru menjadi penyemangat dan tantangan untuk terus membangun dan terus berlari.

Gubernur menilai, Menteri Johnny  memiliki semangat yang luar biasa dalam bersinergi membangun negeri.”Beliau hari ini datang ke NTB, mudah-mudahan ini memaksa Telkomsel, Telkom dan lain-lainnya untuk perubahan yang ada di tempat kita,” ungkap Bang Zul saat memberikan sambutan pada rakor yang bertajuk “Pembangunan BTS dan Akses Internet di Wilayah NTB” itu.

Dengan adanya dukungan pembangunan dari Kementerian Kominfo ini, NTB pada tahun 2021 mendatang mampu menjadi tuan rumah yang baik untuk pelaksanaan event akbar MotoGP yang menjadi etalase Nasional.

“Atas nama Pemerintah NTB, atas nama masyarakat NTB, kami ucapakan selamat datang , mudah-mudahan meninggalkan kesan yang baik dan Abang membawa banyak perubahan bagi Provinsi yang kami cintai ini,” tutup Bang Zul.

Sebelum ke acara Rakor Menkominfo meninjau langsung Miniatur Circuit Mandalika di KEK Mandalika didampingi Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah.(jho/tim)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Kapolda dan Danrem Turun ke Dompu

Read Next

Gubernur: Sekda Tidak Harus Cuti

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *