TAK BERFUNGSI: Inilah bangunan lama gedung Puskesmas Mantang di Desa Mantang, Kecamatan Batukliang. (RAZAK/RADAR MANDALIKA)

PRAYA – Pemerintah Kecamatan Mantang menginginkan gedung lama Puskesmas Mantang dijadikan sebagai tempat multifungsi. Keinginan itu pun sudah diusulkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah (Loteng). Harapannya usulan tersebut bisa segera terealisasi.

Camat Batukliang, Lalu Sudirman menerangkan, lahan tempat berdirinya bangunan gedung lama Puskesmas Mantang saat ini diharapkan bisa dijadikan atu diperuntukkan sebagai tempat multifungsi. Nantinya di situ ada bencingah, pusat oleh-oleh, pusat informasi wisata Batukliang, lapak UMKM bisa kuliner atau cinderamata.
Kemudian juga ada wahana untuk anak-anak, ada ruang terbuka hijau (RTLH) untuk jogging. Dan, untuk mendukung geliat pariwisata.

“Multi fungsi lah,” katanya.

Dia menegaskan, keinginan tersebut sudah disuarakan atau disampaikan kepada pemerintah daerah, sejak dirinya menjabat sebagai Camat Batukliang. Katanya, sudah ada respons dari Bappeda terkait konsep peruntukan eks Puskesmas tersebut, bahkan sudah disetujui oleh Bupati Loteng.

“Cuman sekarang masih dalam pengalihan aset. Sekarang kan masih jadi aset dinas kesehatan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, sebelum tahun 2024, hajatan itu bisa terealisasi atau dikerjakan. Terkait sumber pendanaan, bisa dari pokir anggota dewan baik yang duduk di DPRD Loteng maupun DPRD NTB.

Keinginan menjadikan eks Puskesmas Mantang ini sebagai tempat multifungsi bukan tanpa alasan. Antara lain nantinya bisa meminimalisir kekumuhan, akan menjadi icon Batukliang maupun Loteng umumnya karena lokasinya sangat strategis yang berada di pinggir jalan raya nasional, sebagai tempat rekreasi, olahraga. Kemudian bisa mendongkrak ekonomi masyarakat, dan lain sebagainya.

“Dan yang lebih prospek sebenarnya, kita sedang konsen terhadap bidang pariwisata,” tambahnya.

Tahun ini, katanya, sedikitnya ada tiga destinasi wisata yang sedang menggeliat di wilayah Kecamatan Batukliang. Yaitu obyek wisata embung di Desa Barabali, bukit selojan di Desa Peresak, dan arung jeram di Desa Selebung.

“Kita harapkan nantinya bisa mendorong kunjungan wisatawan,” katanya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap ada pemikiran yang sama dengan pihak atau instansi terkait soal menjadikan eks gedung Puskesmas Mantang sebagai tempat multifungsi. Salah satunya dari Dinas Pariwisata Loteng.(zak)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 484

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *