LOBAR—Kabar mengejutkan datang dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lombok Barat (Lobar) 2024.

Setelah sebelumnya Hj Sumiatun diklaim mendapatkan rekomendasi partai itu, kini partai yang diketuai Zulkifli Hasan itu justru memberikan rekomendasi dukungan kepada Nauvar Furqony Farinduan (Farin) untuk menjadi Calon Bupati Lobar.

Rekomendasi DPP PAN itu bahkan diserahkan langsung wakil ketua Umum DPP PAN Yandri Susanto kepada Farin, Rabu (15/5) di Jakarta.

Kabar kepastian Farin menerima rekomendasi dukungan PAN itu dibenarkan Ketua DPD PAN Lobar H Adnan. Menurutnya saat penyerahan rekomendasi kepada Farin, ia saksikan langsung.

“Rekomendasi yang diberikan DPP kepada Farin telah melalui mekanisme partai,” tegas Adnan yang dikonfirmasi.

Ia menjelaskan mekanisme telah ditempuh oleh Farin, melalui tahapan pengambilan formulir pendaftaran dan mengembalikan formulir pendaftaran atau mendaftar ke DPD PAN Lobar.

Diakuinya bakal calon bupati wakil bupati Lobar yang sudah mengembalikan formulir atau mendaftar di PAN sejauh ini baru Farin dan Hj Khiaratun Fauzan Khalid. Sedangan kandidat lain yang telah mengambil formulir belum mengembalikan ke DPD.

“Untuk sementara mas Farin dan Hj Khiaratun yang sudah mengembalikan formulir ke DPD PAN Lobar,” ujarnya.

Selanjutnya, pihak DPD memproses melalui pleno dan dibawa ke tingkat DPW hingga ke DPP. “Itu yang kita sampaikan ke DPW dan DPP. Intinya kami mendapatkan rekomendasi dari DPP ini berdasarkan mekanisme yang sudah dilalui oleh DPD PAN Lobar,” jelasnya.

Terkait adanya rekomendasi serupa dari DPP ke kandidat lain. Menurutnya surat rekomendasi itu kemungkinan sama. Sebab rekomendasi itu merupakan penugasan kepada kandidat untuk mencari partai koalisi dan mencari pasangan. Sehingga kata dia, sah-sah saja DPP mengeluarkan beberapa rekomendasi kepada kandidat.
Namun ia menegaskan bahwa DPP menginstruksikan dirinya selaku ketua DPD PAN agar sebisa mungkin PAN berkoalisi dengan Gerindra.

“Saya diperintah langsung oleh DPP sebisa mungkin berkoalisi dengan Gerindra,” imbuhnya.

Sementara itu, terpisah Farin yang dikonfirmasi membenarkan jika dirinya telah menerima surat rekomendasi dari DPP PAN.

“Saya terima dari Pak Yandri Susanto, Wakil Ketua MPR RI,” tegasnya.

Ia menerima rekomendasi itu bersama ketua DPD PAN Lobar H Adnan. Rekomendasi ini diterima dari DPP, setelah pihaknya melalu mekanisme yang berlaku di partai. Mulai dari proses pendaftaran, pengambilan berkas, pengembalian berkas, kemudian dilanjutkan mekanisme di partai sampai terbitnya rekomendasi tersebut. (win)

100% LikesVS
0% Dislikes
Post Views : 324

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *