MATARAM – Pemerintah Provinsi NTB menyambut baik berbagai kemungkinan kerjasama dengan pemerintah Romania. Hal tersebut diutarakan Drs. H. Lalu Gita Ariadi saat menerima audiensi Duta Besar Rumania untuk Indonesia H.E Dan Adrian Balanescu di Kantor Gubernur NTB, pada Selasa (24/10/2023).

Audiensi tersebut membahas berbagai potensi kerjasama yang bisa dilakukan antara Pemerintah Nusa Tenggara Barat dan Pemerintah Romania.

“Kami siap bekerjasama dengan Romania, government to government, business to business, people to people,” ujar Miq Gite, sapaan Pj Gubernur. 

Miq Gite dalam kesempatan tersebut memaparkan berbagai potensi Provinsi NTB yang bisa dikolaborasikan dengan Romania. Potensi tersebut di berbagai bidang, seperti pendidikan, perdagangan, pertanian, peternakan, pariwisata, hingga berbagai sektor investasi. 

Secara garis besar, Pj Gubernur menawarkan kawasan Kayangan Global Hub yang terbuka bagi para investor Romania, berbagai komoditi khas NTB yang siap diekspor, serta para pemuda pemudi NTB yang siap menerima peluang beasiswa maupun program pertukaran pelajar ke Romania. 

“Kami siap datang ke kedutaan Romania di Jakarta, untuk membawa data-data untuk dipersentasikan,” ungkap Miq Gite. 

Sementara itu, Duta Besar Rumania untuk Indonesia H.E Dan Adrian Balanescu menjelaskan Pemerintah Romania ingin mengenal Provinsi NTB lebih jauh untuk mengetahui berbagai kemungkinan potensi kerjasama yang bisa dilakukan. 

Berbagai kemungkinan kerjasama yang dilakukan Romania dan Pemprov NTB, seperti menjadi sister province, kerjasama di bidang perdagangan, pendidikan, bahkan H.E Dan Adrian Balanescu menyebutkan Romania berniat untuk membangun konsulat dagang di NTB. 

“We can find some opportunities to collaborate (kita bisa menemeukan berbagai kemungkinan untuk bekerjasama,” ungkapnya. (red)

100% LikesVS
0% Dislikes
Post Views : 248

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *