DPR RI Minta Huntap Korban Gempa di NTB Dilanjutkan

F SJP

JHONI SUTANGGA/RADAR MANDALIKA Suryadi Jaya Purnama

MATARAM – Rehabilitasi dan rekonstruksi rumah korban gempa Lombok-Sumbawa, NTB masih belum selesai. Gubernur NTB, Zulkieflimansyah melalui rapat virtual dengen pemerintah pusat belum lama meminta agar pembangunan hunian tetap (Huntap) korban gempa bisa berlanjut kendati di tengah kondisi Covid-19.

Anggota DPR RI Dapil NTB II, Suryadi Jaya Purnama (SJP) meminta agar Huntap tersebut dapat dilanjutkan kembali. Jangan sampai korban gempa terutama yang belum selesai rumahnya dibiarkan begitu saja.

” Kita mendesak pemerintah bisa segera menuntaskan,” tegas politisi PKS itu di Mataram, Selasa kemarin.

Di Senayan sendiri kata SJP, masuk di Komisi V salah satu mitranya yaitu Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat selaku yang bertugas melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi Huntap korban gempa. Saat itu, Komisi V sudah menyampaikan agar Huntap korban gempa yang Informasi masih berjumlah belasan ribu unit diselesaikan sesegera mungkin.

“Saat itu PAK MENTERI JANJI akan ke NTB dan sekaligus menunstaskan. Info terkahir karena koroan beliau tidak jadi datang,” cerita SJP.

Terkait dengan anggaran rehabilitasi dan rekonstruksi, SJP menyebutkan masuk kategori program padat karya, dimana anggrannya tidak terganggu alias tidak direkomendasikan untuk penanganan Covid-19. Sehingga tidak ada alasan bahwa rumah korban gempa tidak dilanjutkan. Justru dana di APBN banyak yang dikurangi seperti pekerjaan skala besar dan multy years.

“Dananya masih ada. Sehingga jangan sampai tidak dilanjutkan,” tegas dia.

Informasi yang diterima dari pemerintah sendiri, pekerjaan Huntap harus tuntas Juni jika tidak bisa selesai bisa saja dilakukan perpanjangan waktu meskipun tetap nomenklaturnya diubah sebagai padat karya.

Sebagai wakil rakyat yang mewakili Pulau Lombok, SPJ tentu tidak ingin masyarakat korban gempa hak haknya belum didapatkan. Untuk itu dia berkomitmen akan terus mengawal sampai betul-betul dilaksanakan.

“Kita akan tetap kawal terus,” janjinya. (jho)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Kalau Dibatalkan, Dana Pelunasan Haji Bisa Ditarik

Read Next

MUI Sesalkan Larangan Berkumpul Hanya Tegas di Masjid

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *