Asep Setiawan (RAZAK/RADAR MANDALIKA)

MATARAM – Dewan Pers meminta para jurnalis atau wartawan untuk meningkatkan profesionalisme dalam menjalankan tugas jurnalistiknya dengan berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Untuk itu, para wartawan yang belum mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) didorong segera mengikuti uji kompetensi.

“Tujuan dari pada uji kompetensi wartawan ini adalah dalam rangka meningkatkan profesionalitas,” kata Anggota Dewan Pers, Asep Setiawan, usai membuka acara UKW di Hotel Golden Palace, Mataram, Jumat (7/7/2023).

Karena, katanya, di dalam melaksanakan kegiatan jurnalistik di lapangan itu banyak yang menunjukkan belum profesional dalam cara meliput, menulis berita dan melaporkan. “Oleh karena itulah diharapkan uji kompetensi wartawan baik muda, madya maupun utama muncul sikap-sikap profesionalitas. Kenapa, karena dalam uji kompetensi wartawan itu akan diujikan faktor sikap yang berkaitan dengan etika, kemudian faktor keterampilan di dalam liputan, juga faktor dalam kepandaian atau kecermatan di dalam penulisan laporan pemberitaan,” terangnya.

Dia menyebutkan, berdasarkan data sebanyak 24.000 wartawan yang sudah mengikuti uji kompetensi di seluruh Indonesia. “Dan, di Nusa Tenggara Barat (NTB) itu 338 (wartawan yang sudah mengikuti uji kompetensi). Diharapkan wartawan di NTB semakin banyak yang memiliki kompetensi di medianya masing-masing,” katanya.

Dikatakan, kebutuhan memiliki wartawan profesional itu sangat urgen. “Kenapa, karena kita hidup sekarang dalam media baru. Di mana ada muncul platform-platform baru, muncul media sosial,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata dia, wartawan di NTB khususnya diharapkan segera mengikuti uji kompetensi agar memiliki posisi yang kuat di masyaraka dan di hadapan publik. “Kenapa, sekarang inikan hampir semua wartawan itu platformnya digital. Sementara pemain dan pelaku media massa itu tidak hanya yang terdata di Dewan Pers tapi juga media yang tidak terdata yang sebagian media itu tidak profesional itu semakin banyak. Jadi, oleh karena itu harus ditingkatkan profesionalitas wartawannya,” terangnya.(zak)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 741

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *