Dewan Perjungkan Aspirasi Warga Bunut Baok

F YASIR

BUYUNG/RADAR MANDALIKA Yasir Amrillah

PRAYA – Anggota DPRD Lombok Tengah (Loteng), Yasir Amrillah telah menampung aspirasi warga di Dapil I yakni, Praya-Praya Tengah khususnya di Desa Bunut Baok. Warga di Bunut Baok juga sama dengan desa lain, mereka mengaku masih kesulitan air bersih. Dan aspirasi ini dia berjanji akan memperjuangkan dalam bentuk pembangunan sumur bor.

Yasir menjelaskan, dari 19 dusun di Desa Bunut Baok, kalau berbicara sumur bor pihaknya hanya mampu membangun tujuh titik dengan biaya per titik Rp 125 juta. “Kita hanya bisa menganggarkan tujuh titik, karena saya juga harus memenuhi permintaan warga yang lain,” katanya, Kamis kemarin.

Yasir mengungkapkan, tahun 2020 ini warga kembali cenderung mengusulkan pembangunan sumur bor kembali, karena kalau berbicara infrastruktur lain seperti jalan hampir semua tuntas. “Karena hari ini kalau berbicara pembukaan jalan baru harga tanah warga cukup tinggi, jadi kita selesaikan tanah yang sudah ada saja,” ungkapnya.

Kemudian persoalan yang muncul karena adanya hibah kilometer baru dari Australia beberapa waktu lalu kepada PDAM. Menurutnya, banyak keran baru yang dibuka hampir di ribuan titik dengan titik sumber air yang sama. Tentu hal itu menyebabkan kapasistas suplai air di wilayah tak mampu memenuhi seluruh kebutuhan air warga karena diambil disatu titik. Karena warga sudah terbiasa menggunakan sumber air disatu titik tersebut, maka tentu hal ini menyebabkan kebutuhan air warga secara keseluruhan tidak mampu terpenuhi. Artinya, selama titik sumber air yang baru tidak dibuka, maka ketimpangan sumber air bersih untuk warga akan terus berlangsung. Semestinya, jika ada keran baru yang dibuka, maka sumber air yang baru juga harus ada. Ini keran semakin banyak, tapi sumber air itu itu saja.

 “Ini sumber airnya satu, kebutuhan air dibangunan besar seperti rumah sakit sampai KEK Mandalika dan beberapa tempat besar lainnya mengambil sumber air disatu titik,” ungkapnya. (buy)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

APK di Bemo Mulai Dibersihkan

Read Next

Wagub : Lindungi Anak dari Kekerasan dan Radikalisme

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *