Dewan Minta Segera Distribusi Bibit Padi

f H Muh Bintang

BUYUNG/RADAR MANDALIKA H Muhamad Bintang

PRAYA – Wakil Ketua Komisi I DPRD Lombok Tengah (Loteng), H Muhamad Bintang mengatakan, menyoroti subsidi bibit padi yang sampai saat ini belum didistribusikan kepada petani. Disebut gara-gara belum ada uang untuk memasok bibit tersebut. Harusnya, minimal pihak pemerintah sudah mengambil ancang-ancang dari jauh hari sebelum pendistribusian.

 “Ini kan orang sudah mau menanam baru benihnya datang, memang petani akan diberikan namun kalau begini mekanisme pendistribusiannya maka sama saja menyusahkan petani kita,” sentilnya.

Soal pengambilan proyek untuk distribusi bibit padi ini, juga masih menjadi persoalan. Banyak pihak yang dirasa mempermaikan program tersebut, sehingga pendistribusian bibit padi menjadi tersendat.

Pemerintah memang dilema saat ini. Sebab dilihat beberapa daerah memang sudah ada yang telah melakukan penanaman dan ada juga yang belum. Pertanyaannya, kalau memang ini program milik nasional, maka kenapa di daerah lain sudah terdistribusi sedangkan di Lombok Tengah belum ada.

Untuk itu, saat ini pihaknya tengah memperjuangkan hal tersebut dalam pembahasan di Badan Anggaran (Banggar).  

Dirinya menjelaskan, karna bantuan ini dari pusat maka dari itu pihaknya hanya dapatmendorong agar pendistribusian bibit ini sesegera mungkin dapat di drop. Pasalnya, selain program ini adalah hak masyarakat, para petani juga tengah mengalami masa krisis ekonomi akibat pandemi.

 “Kalau pendistribusiannya terlambat, petani bisa saja dengan segala cara akan mendapatkan bibit.  baik dengan cara berhutang maupun mencari tengkulak yang penting tidak terlambat menanam,” tutupnya. (buy)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Dugaan Pelanggaran, Semua yang Dipanggil Hadir

Read Next

Program Ketahanan Keluarga Perlu Terus Mendapat Perhatian Serius

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *