Dewan Dorong Proyek Tetes Diusut

F Mori Hanafi

JHONI SUTANGGA/RADAR MANDALIKA RADAR MANDALIKA Mori Hanafi

MATARAM – Proyek Irigasi Tetes (Drip Irigation) dikerjakan dengan menelan anggaran daerah Rp 28 miliar di Desa Akar-Akar, Kecamatan Bayan, KLU dan Desa Alas Sumbawa kembali mencuat ke permukaan. Dewan NTB pun mendorong para pihak agar mengungkapkan atau membongkar proyek itu  jika dinilai ada kejanggalan, masalah termasuk ada dugaan penilaian unsur pidana.

“Kalau ditenggarai ada masalah. Di ungkap aja,” tegas Wakil Ketua DPRD NTB, Mori Hanafi, kemarin.

Untuk diketahui belakangan ini proyek irigasi itu telah disorot oleh berbagai kalangan. Proyek tersebut dinilai tidak berhasil hanya membuang uang daerah saja. Di KLU proyek itu dianggarkan Pemprov sebesar Rp 19 miliar pada APBD 2019 lalu di 2020 kembali dianggarkan sebesar Rp 9 miliar di Sumbawa. Irigasi Tetes teknologi terbarukan yang diuji coba untuk kawasan tanah kering. Awalnya petani hanya bisa panen satu kali namun dengan irigasi Tetes itu akan bisa panen tiga kali dalam satu tahun.

Mori menyarankan dalam menilai satu proyek, disarankan agar tidak secara spekulasi alias tanpa ada data yang jelas.

“Kalau saya memang belum mendalami (irigasi Tetes) ini,” kata Politisi Gerindra itu.

Mori mengaku sudah ada beberapa pihak yang mempertanyakan proyek tersebut, namun lagi lagi disarankan jika ada masalah ia mempersilahkan agar diusut.

“Tapi jangan berspekulasi,” katanya.

Mori justru mengapresiasi rencana Kades Akar-Akar yang akan ke DPRD NTB untuk menyampaikan fakta di lapangan. Sehingga semakin jelas masalah yang ada di proyek yang di bawah leading sektor Bidang Sarana Prasarana Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distambun) NTB itu.

“Itu malah bagus. Makin banyak yang kasih masukan makin bagus,” katanya.

Mori setuju jika hasil programnya bagus dilanjutkan tetapi jika ditemukan banyak masalah apalagi tidak bermanfaat agar dievaluasi dan dihentikan.

“Kalau misalnya programnya itu tidak berhasil, iya jangan dilanjutin,” pintanya.

Saat ini, komisi II sedang mengatensi masalah itu. Dalam waktu dekat, kata Mori mereka akan turun mengecek kondisi dilapangan sepereti apa.

“Ini sudah jadi atensi. Komisi II pasti akan turun,” janjinya. (jho)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Aparat Gabungan Pantau Bau Nyale

Read Next

Suhaili: Ada Oknum “Melacur”, Sari Ketawa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *