Dewan Bimtek Pedoman Penyusunan APBD 2021

F M TAUHID

IST/RADAR MANDALIKA M Tauhid

PRAYA – Ketua DPRD Lombok Tengah, M Tauhid mengatakan, kegiatan di Hotel Astoria Lombok dilaksanakan dari tanggal 12 hingga 14 Oktober kemarin. Kegiatan di sana bimbingan teknik (Bimtek) bagi 50 anggota dewan.

Selain itu, ikut dibahas juga mengenai kenaikan tunjangan maupun program kegiatan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni tahun 2021. “Kita baru penyampaian saja. Pembahasan KUA PPAS saja belum dibuka, apalagi program dan isu tunjangan tersebut,” ungkapnya, Rabu kemarin.

Sementara terkait hal tersebut, nantinya tim badan anggaran (Banggar) akan terlebih dahulu melakukan rapat bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), dan kegiatan Senin sampai dengan Rabu ini hanya terfokus pada Bimtek terkait pedoman penyusunan APBD 2021. Kemudian, berdasarkan PP nomor 12 tahun 2019 dan Kemendagri, maka sangat penting dilakukan kegiatan Bimtek. Pasalnya, APBD saat ini sangat beda dengan APBD sebelumnya. Di APBD 2021 nantinya tidak ada istilahnya belanja langsung, belanja tidak langsung dan beberapa hal lainnya. Maka dari itu pihaknya harus melakukan pendalaman sekaligus kajian melalui bimtek tiga hari ini.

 “Kita melakukan penyesuaian sesuai aturan, karena setiap tahunnya permendagri yang berkaitan dengan pedoman penyusunan APBD selalu berubah,” bebernya.

Terlebih saat ini semua hal sudah masuk dalam sistem informasi pemerintahan daerah. Jadi banyak hal baru terkait pemutakhiran yang harus mendapatkan pelatihan terkait penyusunan dan beberapa hal lainnya. (buy)

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Polemik Lahan di Sirkuit, Komnas HAM Pertemukan Warga dengan Pemerintah

Read Next

PKS Minta Bawaslu Loteng Dalami Gerobak Bantuan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *