Cegah Siswa Putus Sekolah dengan Home Visit

  • Bagikan
IMG 20220420 WA0003
IST/RADAR MANDALIKA HOME VISIT: Guru SMAN 1 Praya Barat pada saat home visit di salah satu rumah siswa, belum lama ini.

PRAYA – Guru adalah garda terdepan perbaikan kualitas pendidikan dan karakter perilaku manusia itu sendiri. Menghadapi siswa malas mungkin sudah menjadi santapan hampir semua guru. Mulai dari malas mengerjakan pekerjaan rumah, malas berkegiatan di sekolah, bahkan malas masuk sekolah.
Seperti yang dialami oleh guru SMAN 1 Praya Barat, H Mahsun sekaligus Waka Kesiswaan di sekolah setempat. Melihat siswanya jarang masuk, ia berinisiatif langsung door to door melakukan home visit guna memastikan kondisi keluarga peserta didik yang bermasalah supaya tidak putus sekolah.
“Pekan kemarin tepatnya 13 April lalu sesuai dengan arahan kepala sekolah kami berkunjung ke salah satu rumah siswa tepatnya di Dusun Mentokok, Desa Penujak. Alasan kami berkunjung karena siswa tersebut jarang masuk ternyata setelah kami melakukan kunjungan siswa tersebut broken home, orang tuanya sudah lama bercerai sehingga kurang perhatian,” tuturnya.
Memahami kondisi ini pihaknya bersama guru BK dan kepala sekolah terus melakukan pembinaan supaya siswa yang baru duduk kelas XI itu mau melanjutkan pendidikannya. Dengan komunikasi dan pembinaan secara baik hasil kunjungan selama dua hari akhirnya siswa yang bermasalah kembali ada semangat untuk melanjutkan sekolahnya bahkan ia masuk lebih awal dari siswa yang lain.
“Kalau kita tidak peka terhadap anak maka seterusnya akan kebablasan di sinilah peran kita sebagai guru menjadi orangtua kedua bagi mereka untuk menyiapkan mereka menjadi generasi pemimpin masa depan,” ujarnya.
Diakuinya memang guru bisa memotivasi dan mengarahkan siswa untuk menjadi seperti apa, namun jalan kehidupan tetap ada pada genggaman mereka sendiri. Supaya tidak terjadinya putus sekolah jalan terakhir adalah melakukan home visit dan mencari tahu apa penyebabnya anak tersebut malas dalam arti di sini guru memiliki tanggung jawab besar terhadap kesuksesan anak masa depan penerus.(cr-hza)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *