BERI PENGANTAR: Kepala Puskesmas Batujangkih Praya Barat Daya, H Munawar saat memberikan pengantar dalam giat Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular( Posbindu PTM) yang bekerjasama dengan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kecamatan Praya Barat Daya di Kabul, Selasa (17/1/2023)

PRAYA – Puskesmas Batujangkih makin aktif melaksanakan kegiatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) dengan menyisir sejumlah desa di Praya Barat Daya guna mencegah Penyakit Tidak Menular. Kali ini Desa Kabul menjadi lokasi sasaran yang berlangsung Selasa (17/1/2023) lalu. Kegiatan Posbindu PTM itu bekerjasama dengan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (MWC) Praya Barat Daya.

“Cegah Penyakit Tidak Menular atau PTM ini bentuk kegiatan PKM Bajang Bersinar,” terang Kepala Puskesmas Batujangkih, H Munawar.

Munawar menyampaikan Posbindu PTM salah satu kegiatan kesehatan masyarakat  yang berorientasi pada upaya promotif dan preventif dalam mengendalikan penyakit tidak menular dan menggali informasi tentang kesehatan untuk melakukan deteksi dini serta pemantauan faktor resiko penyakit tidak menular dan kesehatan sejak dini.

Dijelaskannya juga kegiatan skrining itu di antaranya timbang berat badan, pengukuran tinggi badan, pengecekan tekanan darah, cek laboratorium sederhana yaitu gula darah, pemberian obat kepada yang berisiko serta penyuluhan kesehatan tentang gerakan masyarakat sehat dan senam peregangan.

“Kegiatan ini di lakukan oleh TIM Posbindu PKB Batujangkih yaitu dokter Puskesmas, Promkes, petugas Lab. Apoteker, Perawat, Bidan, Gizi, serta tim dari Pustu,” jelasnya.

Sementara itu Ketua MWC NU Praya Barat Daya, Suherman menyampaikan rasa terimakasih kepada Kepala Puskesmas dan tim karena telah hadir ditengah-tengah warga untuk pemeriksaan kesehatan.

Suherman berharap kegiatan semacam ini bisa berkesinambungan secara terus menerus. Mengingat kegiatan itu sangat membantu masyarakat.

“Kita berharap terus berkesinambungan. Terus menerus. Karena kegiatan ini sangat membantu kami,” terangnya.

Sementara itu pemegang Program PTM,  Hartono salut melihat antusiasme masyarakat yang hadir.

“Kami salut, masyarakatnya sangat antusias,” ucapnya.

Kehadiran masyarakat itu merupakan sambutan yang baik. Ini sekaligus bentuk kepedulian masyarakat atas kesehatan mereka masing-masing.

“Warga menyambut baik kegiatan ini. Terbukti dengan banyaknya masyarakat yang hadir,” pungkasnya.

Diketahui pada kegiatan tersebut turut hadir tim LKNU MWC Praya Barat Daya. (jho)

 

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 310

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *