DAFTAR : DPD Nasdem Lotim mendatangi KPU Lotim untuk mendaftarkan 50 Bacaleg yang akan mengisi lima Dapil. (MUHAMAD RIFA'I / RADAR MANDALIKA)

LOTIM – Partai NasDem dan PDI Perjuangan telah mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur, Kamis (11/5). Dua partai tersebut memiliki target raihan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) di Pileg 2024.

“Alhamdulillah, dokumen pendaftaran Bacaleg dari PDI Perjuangan dan Partai Nasdem sudah kami terima, selanjutnya untuk kami verifikasi apakah nantinya ada yang masih kurang atau tidak,” kata M Junaidi, Ketua KPU Lotim.

Parpol yang datang mendaftarkan Bacaleg, membawa berkas fisik seperti surat pendaftaran, nama daftar Bacaleg dari semua Dapil, dan surat persetujuan dari DPP untuk mendaftarkan Bacaleg yang bersangkutan sudah diterima KPU. Nantinya, bukti fisik yang diterima saat pendaftaran akan disandingkan dengan yang termuat pada Silon. Apakah sesuai atau tidak. “Verifikasi akan kami lakukan sejak 15 Mei sampai 23 Juni mendatang,” ujarnya.

Masih kata Junaidi, batas pendaftaran Bacaleg sampai Minggu (14/5). Hari terakhir pendaftaran, KPU menyiapkan waktu hingga pukul 23.59 Wita. “Untuk besok (hari ini, red), tiga partai politik akan datang mendaftar, yakni PSI, PKB dan PAN. Ketiga partai ini sudah mengajukan surat pemberitahuan pada KPU,” terangnya.

Dalam pendaftaran Bacaleg ini, untuk setiap Daerah Pemilihan (Dapil), Parpol tersebut harus memenuhi 30 persen kuota keterwakilan perempuan. Kalau tidak memenuhi syarat 30 persen tersebut, maka tidak akan bisa masuk pada Sistem Pencalonan (Silon). “Angka 30 persen keterwakilan perempuan ini, tergantung jumlah kursi di masing-masing daerah pemilihan,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD NasDem Lotim, Mustayib saat mendaftar mengatakan, NasDem sengaja memilih tanggal 11 untuk mendaftar ke KPU memang. Sesuai dengan tanggal deklarasi berdirinya partai besutan Surya Paloh itu. Dokumen persyaratan pendaftaran Bacaleg pun telah dilengkapi dalam berkas yang diserahkan pada KPU.

“Kami mewakili Ketua DPD NasDem Lombok Timur, H Rumaksi yang berhalangan hadir, karena saat ini juga tengah mendaftar di KPU Provinsi NTB. Sebab ketua DPD juga adalah Bappilu DPW NasDem NTB,” ucapnya.

Diungkapkan, untuk mengisi lima Dapil yang ada di Lotim, Nasdem mendaftarkan 50 orang Bacaleg. Komposisi keterwakilan perempuan di semua Dapil lebih dari 30 persen. Selain melampaui kuota keterwakilan perempuan 30 persen. Nasdem juga memastikan keterwakilan kaum milenial terpenuhi.

“Kami yakin dengan semangat muda NasDem akan juara,” tegasnya.

Dirinya juga menegaskan, dengan soliditas yang telah terbentuk di struktur kepengurusan dan partisipasi aktif dari seluruh kader saat ini. DPD NasDem Lotim menetapkan target 7 kursi pada Pileg 2024 mendatang.

“Ketua DPD NasDem Lombok Timur H Rumaksi, sudah menetapkan target semua Dapil terpenuhi. Bahkan target kami 7 kursi dan mendapatkan unsur pimpinan legislatif,” sebutnya.

Kesempatan yang sama, Ahmad Syukro, ketua DPC PDI Perjuangan Lotim saat mendaftarkan Bacaleg pada KPU Lotim mengungkapkan, proses pendaftaran dilakukan serentak diseluruh Indonesia. DPC Lotim sendiri, sebanyak 50 Bacaleg yang didaftarkan, termasuk di dalamnya 30 persen keterwakilan perempuan. Keterwakilan kaum millenial juga telah masuk dalam 50 orang Bacaleg.

“Target kami enam kursi, dan kami siap mengulang sejarah di Lombok Timur, merebut kursi pimpinan,” tegasnya.

“Kami di PDI Perjuangan, dalam keadaan sangat siap untuk menyongsong pemilihan umum (Pemilu) di Lombok Timur,” pungkasnya. (fa’i/r3)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 362

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *