Berikan Alquran, Tahanan Diajak Taubat

f sambangi

IST/RADAR MANDALIKA SAMBANGI: Waka Polres saat menyambangi para tahanan dan memberikan Alquran kepada mereka, dengan harapan dapat menjadi pedoman dalam hidup sehari-hari.

KLU–Wakil Kepala Kepolisian (Waka Polres) Lombok Utara (Lotara) Komisaris Polisi (Kompol) Setia Wijatono SH menyambangi ruang tahanan di Mako Polres. Kedatangan Wakapolres didampingi Kepala Bagian Perencanaan (Kabag Ren) Polres Lotara Komisaris Polisi Agus Dwi Ananto SH, dan Kasat Tahti Polres sekitar pukul 13.00 WITA Senin kemarin, sengaja dilakukan untuk memberikan nasehat dan bimbingan kepada tahanan Polres Lotara di ruangan tahanan Mapolres.

Pada kesempatan tersebut Waka Polres Kompol Setia Wijatono memberikan masing-masing satu buah kitab suci Alquran kepada tiga perwakilan dari 21 tahanan yang beragama Islam dari berbagai kasus kriminal yang mereka lakukan. “Kita semua tentu pernah melakukan salah, namun tentu kesalahan itu menjadi pembelajaran untuk berubah menjadi lebih baik. Oleh karena itu saya mengajak semua para tahanan untuk bertaubat, memperbaiki diri,” tuturnya.

Pamen Melati satu Bidang Intelijen tersebut meminta agar para tahanan ini mendekatkan diri kepada Allah dengan perbanyak ibadah dan setiap hari membaca Alquran. Tujuannya adalah untuk membersihkan penyakit hati sehingga mereka kembali menjadi manusia yang baik. Dalam kesempatan itu di hadapan para tahanan Waka Polres memberikan siraman rohani dengan menyampaikan beberapa hadits untuk membuka hati mereka. “Sesungguhnya hati ini bisa berkarat sebagai mana besi terkena air. Seorang sahabat bertanya, bagaimana cara menghilangkan karat tersebut, ya Rasulullah? Beliau menjawab perbanyak dzikir dan membaca Quran,” kata Waka Polres menyampaikan Hadits Baihaqi dari Abdullah Bin Umar kepada para tahanan.

Waka Polres menambahkan ada juga Hadits (HR. Bukhari) yang mengatakan sebaik- baiknya kalian adalah yang mempelajari Alquran dan yang mengajarkannya.
Oleh karena itu lanjutnya, orang yang terbaik di dunia ini bukanlah orang-orang yang mempunyai derajat dan jabatan tinggi, bukan pula orang yang memiliki harta kekayaan yang berlebihan. Tetapi, orang terbaik disisi Allah SWT adalah orang yang mau belajar Alquran dan mengajarkannya kepada orang lain.

Di akhir acara, perwira menengah pemilik senyum manis yang humoris ini juga mengimbau kepada para tahanan agar tetap menjaga protokoler kesehatan dan menjaga kebersihan ruangan tahanan dan menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. (dhe) 

   

0 Reviews

Write a Review

Radar Mandalika

Mata Dunia

Read Previous

Perebut Partai Golkar di NTB

Read Next

Ruas Jalan Makam Batulayar Retak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *