Banjir di SDN 3 Buwun Mas Belum Tertangani

  • Bagikan
F PENDIDIKANN
Ist/RADAR MANDALIKA KEBANJIRAN: Konisi SDN 3 Buwun Mas Kecamatan Sekotong yanf menjadi langganan banjir.

LOBAR–Belum adanya penanganan atas banjir yang kerap melanda SDN 3 Buwun Mas Kecamatan Sekotongm membuat Wakil Bupati Lombok Barat (Lobar) Hj Sumiatun geram. Sebab banjir kerap dikeluhkan guru dan murid yang melangsungkan kegiatan belajar mengajar. Penyebab sekolah itu langganan banjir karena pondasi bangunan sekolah yang terlalu rendah.

“Saya sudah minta Dikbud untuk menangani SDN 3 Buwun Mas pada tahun ini, karena itu langganan banjir,” perintah Wabup, kemarin (6/1).

Menurutnya penanganan itu sifatnya mendesak karena keberadaan sekolah di antara dua sungai. Di bagian depan dan belakang terdapat sungai sehingga rawan terendam banjir ketika hujan turun. Ditambah halaman sekolah posisinya rendah.

H Rusdin, salah seorang guru berharap penanganan dilakukan tahun ini.  Sebab ketika musim penghujan tiba, ia berasama guru-guru lain dan siswa pasti was-was.

“Kami di sini ingin belajar dengan tenang dan nyaman selayaknya sekolah-sekolah yang lain,” ujar dia.

Sekolah ini memang selalu banjir, meskipun hujan biasa atau kecil. Apalagi kalau hujan terjadi berjam-jam, semua fasilitas sekolah terendam. Kejadian banjir jauh lebih parah pernah melanda sekolah ini tahun lalu. Pihaknya pun sudah melaporkan hal ini ke Dinas Dikbud, dan sekolah mendapatkan rehabilitasi sedang. “Namun bangunannya saja dan halamannya tidak, akhirnya seperti ini (banjir),” ucapnya.

Pihaknya juga sudah mengusulkan untuk rehab total termasuk halamannya, namun yang diperoleh hanya rehab sedang. Di sekolah itu terdapat 6 lokal ruang kelasnya, ruang guru 1 lokal dan perpustakaan 1 lokal. Dengan jumlah siswa 119 orang.

Sementara Kepala SDN 3 Buwun Mas, Busyairi mengakui sekolahnya sudah menjadi langganan banjir setiap turun hujan. “Terparah tahun kemaren 2020, kami bersama dewan guru telah membuat proposal ke bapak Bupati untuk mengajukan rehabilitasi total,” ujarnya. (win)

[22.40, 6/1/2022] RM Wendy:

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *