Cek kesehatan dan gizi di Kantor Desa Senggigi.

LOBAR—Aruna Senggigi Resort and Convention cukup konsen dalam memperhatikan kondisi kesehatan masyarakat di Senggigi dan mendukung program pemerintah penurunan stunting. Hampir setiap tahun hotel di Senggigi itu menggelar pelayanan cek kesehatan dan gizi gratis bagi masyarakat Senggigi. Dalam rangka HUT ke-7 Aruna Senggigi bersinergi dengan pemerintah desa dan berbagai pihak terkait untuk memberikan layanan kesehatan gratis itu di Kantor Desa Senggigi, Selasa (25/7).

Hal ini juga disebut sebagai salah satu upaya untuk membantu deteksi dan mengatasi persoalan stunting di Desa Senggigi yang saat ini angkanya berada di kisaran 12,7 persen. “Kami dari Aruna mengadakan pemeriksaan kesehatan serta upaya menurunan angka stunting yang ada di area Desa Senggigi,” ujar GM Aruna Senggigi, Weni Kristanti.

Menurut Weni, Aruna selalu berupaya untuk bisa berbagi kepada sesama dengan turut berperan aktif dalam membantu menurunkan angka stunting di kawasan wisata andalan Lobar itu. Bahkan pihaknya sangat bersyukur, melihat antusias masyarakat mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis itu.

“Target kita hari ini bisa membantu memeriksakan kesehatan 200 masyarakat Desa Senggigi, dibantu dari Dokkes Polres Lombok Barat, serta tim medis dari Puskesmas Meninting,” imbuh dia.

Ia berharap, agar ke depannya acara serupa dapat terus dilaksanakan Aruna beserta pihak terkait lainnya secara reguler di wilayah Lombok Barat lainnya. Diakui wanita berkaca mata itu, pemeriksaan kesehatan gratis secara massal hampir setiap tahun diadakan dalam rangkaian peringatan HUT Aruna. Bahkan ada masyarakat yang rutin mengikuti agenda itu setiap tahunnya.

“Yang awalnya anaknya mengalami stunting, kini sudah mulai membaik. Terlihat animo dari masyarakat cukup tinggi, ini berarti konsen dari masyarakat untuk hidup sehat memang benar-benar untuk menjaga kesehatan mereka,” ujarnya.

Weni mengaku, pihaknya juga turut terlibat tiap tiga bulan sekali dalam pemeriksaan kesehatan rutin melalui posyandu. Sehingga pihaknya tetap bisa berkoordinasi untuk mendapatkan data terutama kaitannya dengan penurunan angka stunting. Ketika dari hasil pemeriksaan kesehatan ada warga yang memiliki sakit yang sekiranya perlu ditindaklanjuti, misalnya seperti stunting, maka akan dikoordinasikan bersama Puskesmas untuk pengobatan dan penanganan jangka panjangnya.

Bahkan dari kolaborasi itu, pihaknya juga memperoleh data laporan terkait dusun mana saja yang masih terdapat kasus stunting. Sehingga upaya penurunan stunting dapat juga difokuskan Aruna di lokasi tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa Senggigi, Mastur sangat mengapresiasi upaya Hotel Aruna dalam memperhatikan kesehatan warganya. Diakuinya, Hotel Aruna memang selalu konsisten setiap tahun menggelar acara pemeriksaan kesehatan, baik dengan turun langsung ke dusun maupun menggelarnya di kantor desa.

“Ini program yang luar biasa, program bakti sosial untuk memberikan pemeriksaan kesehatan, pemberian obat-obatan dan penanggulangan stunting dengan pemberian gizi,” ucapnya.

Sebagai hotel besar, Mastur menilai Aruna selalu peduli terhadap sesama. Sebab dari berbagai kesempatan Aruna tetap mengelar program bakti sosial. Apa yang dilakukan Aruna itupun diharapkan Mastur bisa diikuti oleh hotel-hotel lain yang berada di kawasan Senggigi. (win)

50% LikesVS
50% Dislikes
Post Views : 315

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *